Inilah Dia Macam Macam Tarian Adat Lampung

Tari Adat Lampung

Tarian Adat Lampung – Jika kita berbicara tentang tarian adat daerah yang ada di Indonesia, tentu tidak akan ada habisnya. Seperti kita tau, setiap daerah di nusantara pasti mempunyai tarian adat guna menunjukan identitas serta eksistensi daerah tersebut.

Tarian merupakan sebuah pertunjukan seni yang memadukan antara gerakan tubuh dengan bunyi alat musik yang mengiringinya.

BACA JUGA | Macam-Macam Rumah Adat Lampung (unik dan mengagumkan)

Provinsi Lampung adalah salah satu daerah yang terkenal dengan produk budayanya yang sangat beragam. Di provinsi ini, ada banyak tarian adat yang biasa ditampilkan untuk memeriahkan sebuah acara seperti acara pernikahan, peringatan hari tertentu, kunjungan, penyambutan tamu dsb.

Nah, berikut ini adalah beberapa tarian adat Lampung yang harus anda ketahui.

Macam-Macam Tarian Adat Lampung

1. Tari Sembah / Tari Sigeh Pengunten

tarian adat lampung
indonesiakaya.com

Tari Sembah atau sering disebut juga Tari Sigeh Pengunten adalah salah satu tarian adat lampung yang masih tetap eksis sampai saat ini. Pada umumnya, Tari Sembah biasa ditampilkan pada saat upacara penyambutan tamu maupun resepsi pernikahan.

Selain itu, salah satu fungsi dari Tari Sembah adalah sebagai ungkapan terima kasih kepada tamu undangan yang telah mengahadiri acara. Tari Sembah merupakan tarian yang dimainkan oleh kelompok wanita yang berjumlah ganjil (5,7,9) dan seterusnya.

Di dalam Tari Sembah, ada sesuatu yang menjadi ciri khas utama yang tidak dijumpai pada tarian adat Lampung yang lain yaitu penggunaan properti tepak. Tepak merupakan sebuah kotak berwarna keemasan berisi daun sirih yang bawa oleh salah seorang penari untuk diberikan kepada tamu utama di acara tersebut.

Seperti kebanyakan tarian adat yang lain, pertunjukan Tari Sembah juga diiringi musik yaitu Kulintang (talo balak). Selain itu, para penari juga memakai pakaian dengan berbagai aksesoris yang menghiasi mulai dari kepala sampai ujung kaki.

Pada bagian kepala dipakaikan mahkota siger, baharu kembang goyang, kembar melur, anting-anting. Kemudian di bagian badan memakai kain tapis, baju kurung, bebe usus ayam, kalung buah jakum, gelang kuno serta tanggai.

BACA JUGA | Keindahan Pakaian Adat Lampung yang Menjadi Kebanggaan Rakyat Lampung

2. Tari Melinting

Tarian Adat Lampung
Radarlamtimnews.com

Salah satu Tarian Adat Lampung yang lain adalah Tari Melinting. Tari Melinting merupakan sebuah tarian yang berasal dari Meliting Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur.

Pada awalnya, Tari Melinting hanya ditampilkan pada acara Gawi Adat (acara Kegungan Keratuan Melinting). Pertunjukan tari ini biasa dipentaskan di balai adat. Karena Gawi Adat adalah sebuah tarian dari keluarga ratu. Bahkan penarinya hanya orang-orang tertentu saja yaitu putra atau putri Keratuan Melinting.

BACA JUGA | Uniknya Budaya Lampung yang Tidak Ditemui Pada Daerah Lain 

Di tahun 1958, Tari Melinting hanya dipentaskan saat acara Gawi Adat saja. Namun seiring berjalannya waktu, tarian ini sudah berkembang menjadi tarian rakyat yang biasa ditampilkan pada acara penyambutan tamu agung maupun acara budaya.

Tari Melinting merupakan tarian yang umumnya dimainkan oleh 8 orang, yaitu terdiri dari 4 orang laki-laki dan 4 orang perempuan.

Busana yang dipakai dalam tarian ini adalah pakaian adat Lampung yang dilengkapi kopiah berwarna emas untuk penari laki-laki dan Siger sebagai penghias kepala wanita serta kipas untuk setiap penari.

Seperti tarian adat pada umumya, Tari Melinting juga diiringi alunan musik dalam pertunjukannya.

3. Tari Bedana

Tarian Adat Lampung
lampungartnews.blogspot.com

Tarian Adat Lampung selanjutnya adalah Tari Bedana. Pada adat Lampung Pepadun maupun Lampung Saibatin, Tari Bedana mempunyai ciri khas dan karakteristik tersendiri. Tari Bedana merupakan sebuah pertunjukan yang dimainkan oleh pemuda dan pemudi sebagai ungkapan rasa syukur terhadap sesuatu hal.

Pada mulanya, Tari Bedana hanya ditampilkan ketika ada salah seorang anggota keluarga yang khatam Al-Qur’an. Namun seiring waktu, tarian ini sering dimainkan pada acara adat maupun acara kemasyarakatan yang bersifat umum.

Selain itu, Tari Bedana juga diyakini sebagai tarian yang berhubungan erat dengan agama Islam yang berakulturasi dengan budaya masyarakat Lampung yang menggambarkan kehidupan penduduk Lampung yang ramah dan terbuka bagi siapa saja.

Pesan moral yang terkandung dalam Tari Bedana adalah mengajarkan tentang norma dan etika pergaulan yang seharusnya dilakukan oleh pemuda dan pemudi Lampung yang tergambar  dalam gerakan tari. Gerakan rumit dan gesit dalam tarian ini menggambarkan masa muda yang di penuhi antusias, semangat dan kreatifitas tinggi.

Seperti tarian adat pada umumnya, pertunjukan Tari Bedana juga diiringi  Gambus Lunik dan Ketipung sebagai alunan musiknya. Adapun kostum yang dipakai adalah pakaian adat Lampung.

4. Tari Cangget

Tarian Adat Lampung
youtube.com

Tari Cangget merupakan jenis Tarian Adat Lampung yang cukup populer. Pada mulanya, sebelum datangnya bangsa Jepang ke Indonesia yaitu tahun 1942, Tari Canget sering kali dipertunjukan pada setiap acara yang ada kaitannya dengan gawi adat, seperti panen raya, upacara mendirikan rumah dan digunakan untuk pengiring orang yang akan pergi menunaikan ibadah haji.

Ketika tari dimainkan, masyarakat akan berkumpul guna menyaksikan kesenian ini, baik muda, tua, laki-laki ataupun perempuan. Hal ini bermaksud selain untuk mengikuti rangkaian upacara, juga sebagai media saling berkenalan dengan sesama. Tari Cangget biasa dimainkan oleh para pemuda dan pemudi.

Pada saat Tari Cangget dipentaskan, para orang tua akan memperhatikan dan menilai gerak-gerik penari dalam membawakan tarian ini. Kegiatan penialaian seperti ini disebut oleh masyarakat Lampung dengan istilah Nindai.

Tujuan penilaian ini tidak hanya untuk melihat keluwesan pemuda atau pemudi ketika sedang membawakan Tari Cangget, melainkan juga untuk menilai ketangkasan, kelembutan budi serta keindahan ketika berdandan dengan memakai pakaian adat Lampung.

Terkhusus bagi pemuda atau pemudi, kesempatan ini juga bisa dijadikan sebagai media pencarian pasangan atau jodoh. Jika diantara mereka ada yang saling tertarik serta orang tuanya menyetujui, maka mereka akan melanjutkan pada jenjang pelaminan.

5. Tari Merak

tarian adat lampung
kamerabudaya.com

Tari Merak merupakan tarian yang sudah umum dipentaskan pada beberapa daerah di Indonesia. Salah satu provinsi yang mementaskannya adalah Lampung. Umumnya, Tari Merak ditampilkan pada saat acara penyambutan gelar adat.

Secara filosofis, tari merak mengisahkan tentang kehidupan burung merak yang mempunyai sayap dan bulu begitu indah serta menawan. Selain itu, tarian ini juga melambangkan akhlak dan budi pekerti masyarakat Lampung yang ramah dan santun.

Demikianlah, pembahasan mengenai artikel tarian adat Lampung. Jika kamu menyukai artikel diatas jangan lupa comment dan share. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *