10+ Tanaman Hias Indoor yang Membuat Ruanganmu Semakin Kece

4 min read

Tanaman Hias Indoor

Tanaman Hias Indoor – Pernahkah kamu membayangkan untuk memajang beberapa tanaman hias didalam ruangan rumahmu? Jika pernah, maka tepat sekali. Karena memajang tanaman hias indoor bisa menjadi solusi terbaik supaya ruanganmu telihat hidup dan natural, namun tetap hemat secara finansial.

Sudah sejak dahulu, orang-orang dari berbagai belahan dunia telah menjadikan beberapa jenis tanaman hias, khususnya yang tidak terlalu membutuhkan asupan sinar matahari sebagai penyejuk ruangannya.

Karena hadirnya tanaman hias indoor terbukti mampu memberikan pengaruh psikologis bagi penghuni rumah, sanak saudara maupun tamu yang sedang berkunjung. Warna-warni pada bunga dapat menjadikan siapapun yang melihatnya merasakan kenyamanan, ketenangan dan kesegaran.

Tanaman Hias Indoor
Tokopedia.com

BACA JUGA | Inspirasi Taman Minimalis Terbaik untuk Halaman Rumahmu

Nah, lalu jenis tanaman apa saja yang cocok dijadikan sebagai penghias interior ruangan rumahmu. Berikut ini rekomendasi terbaik dan terlengkapnya.

Memilih Tanaman Hias Indoor yang Tepat

Sebelum membeli tanaman hias indoor, ada baiknya kamu memperhatikan jenis-jenis tanaman yang dapat tumbuh baik walaupun minim asupan cahaya matahari. Mengingat sinar matahari tidak akan masuk ke dalam rumah karena tertutup tembok dan atap.

Namun pada saat ini, kamu tidak akan kesulitan untuk menentukan jenis tanaman apa saja yang cocok untuk dibeli. Sebab, perkara tersebut sudah banyak dibahas pada media internet, baik melalui website, youtube, media jejaring sosial dll.

Jenis Tanaman Hias Daun Indoor

1. Lidah Mertua

Tanaman Hias Indoor
BlogUnik.com

Lidah Mertua atau Sansevieria merupakan salah satu spesies tanaman hias yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Tanaman ini mempunyai ciri berwarna hijau, daun keras, tegak serta berbentuk meruncing pada ujungnya.

Selain digunakan sebagai tanaman pagar, tak jarang Lidah Mertua juga dijadikan sebagai tanaman hias indoor. Mengingat tanaman ini dapat tumbuh baik walaupun minim cahaya matahari dan asupan air.

Lidah mertua juga dikenal mempunyai beragam manfaat seperti menyembuhkan wasir, diabetes, penyakit kanker bahkan penyubur rambut sekalipun. Di negara Jepang, serat yang terkandung dalam Lidah Mertua dimanfaatkan sebagai obat penghilang bau perabot rumah tangga.

BACA JUGA | Rekomendasi Lengkap Tanaman Hias Bunga Terpopuler

2.  Aglaonema (Sri Rejeki)

Tanaman Hias Indoor
MyBageecha.com

Sri Rejeki atau Aglaonema merupakan tanaman hias spesies Araceae (talas talasan) yang sudah sangat familiar bagi pecinta bunga di Indonesia. Tanaman ini mempunyai sekitar 30 jenis dengan berbagai motif dan warna.

Aglaonema berasal dari kawasan hutan hujan tropis yang dapat tumbuh baik pada penyinaran rendah dengan tingkat kelembapan udara tinggi. Diantara teknik budidayanya adalah setek batang, biji, cangkok atau memisahkan anakan bungan.

Karena sifatnya yang tidak tahan dengan paparan sinar matahari langsung, maka aglaonema sangatlah tepat dijadikan tanaman hias indoor. Perawantannya pun tergolong mudah dengan kebutuhan air sedang, sehingga cukup disiram sehari sekali.

3. Bunga Lidah Buaya (Aloe Vera)

Tanaman Hias Indoor
Menanam.com

Lidah Buaya atau Aloe Vera merupakan spesies tanaman yang dikenal mempunyai berjuta manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikaan. Terdapat sekitar 350 jenis Lidah buaya yang ada di seluruh dunia, 132 diantaranya berada di benua hitam Afrika.

Selain terkenal dengan segudang manfaatnya, Lidah Buaya juga sangat cocok bila dijadikan sebagai tanaman hias, baik indoor maupun outdoor. Hal tersebut tidak dipungkiri, karena perawatannya sangat mudah serta bisa ditanam pada media pot.

BACA JUGA | Aneka Macam Tanaman Hias Gantung Penyejuk Rumah

4. Gelombang Cinta

Tanaman Hias Indoor
Pinterest.com

Tahukah anda dengan tanaman hias Gelombang Cinta? Pada satu dekade ke belakang, tanaman ini pernah menggemparkan jagad pecinta tanaman hias. Hal itu tidak mengherankan, mengingat harga satu pot ukuran dewasanya bisa mencapai 250 juta.

Tetapi itu dulu, namun saat ini kepopulerannya sudah mulai memudar, dengar harganya yang sudah turun drastis sehingga ramah bagi isi dompet.

Perlu diketahui, Gelombang Cinta merupakan tanaman hias asli Indonesia. Tanaman yang tergolong dalam spesies Anthurium ini sangatlah cocok dijadikan penghias ruangan rumah, karena bentuk bunga dan daunnya begitu indah serta menakjubkan.

5. Kaktus / Kaktus Mini

Tanaman Hias Indoor
indonesian.alibaba.com

Setiap pecinta tanaman hias, pasti sudah sangat mengenal dengan tanaman Kakus. Kaktus merupakan tanaman yang banyak ditemukan pada daerah gurun (kering). Akar Kaktus berukuran panjang yang berguna untuk mencari dan menyerap air.

BACA JUGA | Panduan Lengkap Cara Merawat Tanaman Hias Bunga, Daun dll

Kaktus mampu hidup dalam waktu yang lama, walaupun tanpa asupan air sekalipun. Keunikan Kaktus terletak pada daunnya yang berbentuk duri sehingga dapat meminimalkan penguapan air lewat daun.

6. Monstera

Tanaman Hias Indoor
Ikea.com

Monstera merupakan tanaman hias yang biasa ditanam pada pekarangan rumah. Ciri khas tanaman ini daunnya berwarna hijau dengan bintik-bintik hijau muda atau putih pada daun. Di Indonesia sendiri tanaman hias ini biasa disebut dengan nama Bunga Bahagia.

Perawatan maupun pembiakan tanaman jenis ini termasuk mudah. Bahkan tanaman ini mampu tumbuh dalam ruangan yang minim asupan sinar matahari. Namun akan berpengaruh terhadap warna daun yang lebih hijau pekat bila dibandingkan dengan diluar ruangan.

Dieffenbachia

Tanaman Hias Bunga Indoor

1. Gerber Daisy

Tanaman Hias Indoor
ParkSeed.com

Gerber Daisy merupakan tanaman hias yang sedikit mempunyai kemiripan dengan bunga kertas. Namun yang membedakan Gerber Daisy memiliki bunga dan kelopak yang tidak dimiliki oleh bunga kertas.

Ciri khas tanaman ini adalah mempunyai daun yang lebar, tangkai berbentuk lurus serta mempunyai kelopak dengan berbagai macam warna seperti merah, putih, pink, kuning dll.

Pembiakan tanaman ini biasa dilakukan dengan teknik tanam biji. Namun sebelum menanam, terlebih dahulu biji dijemur pada terik matahari selama 2-3 hari. Lalu direndam dalam air, lalu buang biji yang mengapung dan ambil biji yang masih terendam.

2. Bunga Krisan

Tanaman Hias Indoor
tamantanaman.com

Bunga Krisan atau Krisantemum merupakan spesies tanaman Asteraceae (kenikir kenikiran) yang banyak tumbuh liar di sekitar pekarangan rumah.

Bunga Krisan sangat indah bila dijadikan sebagai tanaman hias indoor, karena mampu tumbuh baik dengan paparan sinar matahari yang minim. Bahkan Bunga Krisan telah dijadikan sebagai bunga nasional Jepang. Disana sering dijadikan sebagai campuran teh supaya lebih nikmat dan wangi.

3. Peace Lily (Bunga Perdamaian)

Tanaman Hias Indoor
michlers.com

Peace lily atau biasa disebut bunga perdamaian merupakan spesies bunga yang berasal dari daerah tropis. Ciri khas utama tumbuhan ini adalah daun berwarna hijau yang berbentuk oval, bunga berwarna putih dengan tangkai kekuningan disertai tekstur bergelombang.

Salah satu yang menjadi daya tari Peace Lily adalah kemampuannya sebagai pembersih udara. Maka tak jarang, jika tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias indoor. Selain itu, tanaman ini juga tidak terlalu cocok jika terkena sinar matahari langsung karena akan mudah terbakar.

4. Bunga Anturium Crystallinum

Tanaman Hias Indoor
Home.co.id

Bunga Anthurium crystallinum (bunga kuping gajah) merupakan spesies tanaman hias yang berasal dari wilayah tropis Amerika Selatan dan Amerika Tengah dan mulai memasuki Indonesia pada abad 18 yang dibawa oleh Belanda.

Di Indonesia, Bunga Kuping Gajah dapat tumbuh dengan baik, mengingat iklimnya yang sama dengan daerah asal Bunga Anthurium crystallinum. Spesies Bunga Anthurium tergolong sangat banyak, diperkirakan mencapai ribuan jenis.

Seperti halnya jenis Anthurium yang lain, Bunga Kuping Gajah juga sangat cocok jika diletakkan sebagai tanaman hias indoor. Karena sifatnya yang tidak terlalu menyukai paparan sinar matahari langsung.

5. Bunga Anggek

Tanaman Hias Indoor
id.AliExpress.com

Bunga Anggrek (Orchidaceae) merupakan salah satu dari sekian banyak spesies tanaman hias yang paling banyak digemari oleh pecinta tanaman hias.

Jenis-jenis tanaman anggrek sangatlah banyak yang tersebar mulai daerah beriklim tropis hingga daerah beriklim dingin. Namun walupun begitu, mayoritasnya tersebar pada daerah tropis.

Di daerah tropis seperti di Indonesia, kebanyakan Anggrek tumbuh dengan cara menempel pada batang tubuh tanaman lain ataupun yang lainya. Secara kebutuhan cahaya matahari, Anggrek tidak terlalu membutuhkannya, karena dipengaruhi oleh struktur tubuhnya yang keras dan tebal. Sehingga sangat cocok sebagai tanaman hias indoor.

Sering Dicari :

Tanaman Hias Indoor dalam Air

Tanaman Hias Indoor Penyerap Polutan

Tanaman Indoor Mini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *