Tanaman Hias Bunga yang Harus Anda Ketahui

tanaman hias daun

Menciptakan hunian yang nyaman merupakan keharusan bagi setiap penghuni rumah. Banyak hal yang dapat dilakukan, salah satunya adalah menanam tanaman hias bunga.

Tanaman hias bunga merupakan jenis tanaman yang paling banyak digemari pecinta tanaman. Bukan tanpa sebab mengapa jenis tanaman ini banyak digemari. Hal tersebut dikarenakan keindahan bunga terutama pada saat mekar, disertai warna warni yang menghiasinya akan menjadikan siapa saja yang melihatnya terpesona.

Selain itu, hadirnya tanaman hias bunga akan menghilangkan kesan gersang dan tandus pada rumah anda. Untuk mencipatkan hunian asri anda tidak harus membuat taman minimalis depan rumah. Terlebih lahan yang anda miliki sangat minim.

Nah, pada artikel kali ini, rivorma akan membahas berbagai macam tanaman hias bunga, agar rumah anda lebih terasa asri dan nyaman.

Jenis Tanaman Hias dan Gambarnya

Berikut dibawah ini adalah rangkuman beberapa jenis tanaman hias bunga terpopuler di seluruh dunia. Langsung saja simak pemaparannya.

1. Bunga Bougenville

tanaman hias daun
CentralBonsai.com

Bunga Bougenville atau sering disebut Bunga Kertas adalah salah satu jenis tanaman hias bunga yang sangat populer di Indonesia. Penyebutan Bunga Kertas yang melekat pada bunga tersebut disebabkan karakternya yang mirip seperti kertas yaitu ringan serta tipis.

Bougenville berasal dari Amerika selatan seperti Brasil, Peru serta Argentina. Namun seiring berjalannya waktu, bunga ini sudah menyebar ke seluruh dunia. Bahkan pada setiap negara mempunyai penamaan tersendiri. Seperti halnya di Indonesia yang dinamakan bunga kertas, Spanyol (Buganvilla), Honduras (Napoleón), Filipina (Bugambilia) dsb.

Bunga Bougenville mempunyai warna yang sangat beragam mulai dari merah, putih, kuning serta ungu. Dan tak jarang pula kita jumpai, penghobi tanaman ini yang mengkombinasikan berbagai macam warna bunga dalam satu pohon. Sehingga tanaman lebih terlihat semarak.

2. Bunga Kamboja Jepang

tanaman hias daun
WorldofSucculents.com

Bunga Kamboja Jepang (Adenium) merupakan tanaman hias yang sangat populer dikalangan pecinta bunga. Tanaman cantik ini, bukanlah berasal dari Jepang melainkan dari daerah Asia Barat dan Afrika.

Pada dasarnya, Kamboja Jepang merupakan keluarga dari pohon kamboja kuburan. Namun ada beberapa perbedaan diantara keduanya. Kamboja Jepang mempunyai bentuk akar seperti umbi dan batang yang besar. Sedangkan Kamboja kuburan mempunyai akar normal serta batang yang berukuran kecil.

Struktur batang Kamboja Jepang tidaklah keras bahkan cenderung lunak. Ketika batang tersebut dipotong, akan terlihat seperti daging putih dan cenderung basah. Selain itu, Akar tanaman yang berbentuk seperti umbi akan berfungsi sebagai tempat penyimpanan air. Sehingga ketika musim kemarau tiba, Kamboja Jepang akan tetap mampu bertahan hidup walaupun tanpa disiram.

Bunga kamboja jepang berbentuk seperti terompet dengan 5 kelopak. Sedangkan bunga daunya berbentuk lonjong. Tanaman ini akan terlihat indah bila dijadikan tanaman bonsai. Karena bentuk akar yang membesar dan warna-warni bunga yang bermekaran akan membuatnya semakin indah.

3. Bunga Matahari

tanaman hias daun
pexels.com

Adakah diantara anda yang tidak mengenal Bunga matahari ? Saya fikir semua orang pasti mengetahui bunga ini. Nama ilmiah Bunga Matahari adalah heliantus. Helia berarti matahari sedangkan antus berarti bunga.

Bunga matahari bukanlah berasal dari Indonesia melainkan dari benua amerika. Bunga ini sudah menyebar ke penjuru dunia sejak tahun 1500 yang dibawa para penjajah Spanyol. Di sebagian negara sendiri, bunga matahari telah dijadikan sebagai bunga nasional seperti di Ukraina dan Kansas.

Bunga matahari mempunyai perilaku yang cukup unik, yaitu selalu mengikuti pergerakan matahari ( dari timur ke barat). Namun ketika bunga telah banyak terisi biji, bunga matahari tidak lagi mengikuti gerak matahari dan akan selalu menghadap kearah timur.

Selain keindahan yang terpancar dari warna kuning cerahnya. Biji yang terdapat didalamnya juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti dibuat Kuaci hingga minyak.

4. Bunga Mawar

tanaman hias daun
pexels.com

Bunga mawar merupakan tanaman hias yang mempunyai bentuk unik. Jenis bunga mawar sendiri tergolong banyak yaitu lebih dari seratus jenis.

Bunga mawar mempunyai sebuah julukan yaitu ratunya para bunga. Tak heran mengapa Bunga mawar mendapat julukan tersebut. Hal itu disebabkan kelopak bunganya yang berbentuk begitu mempesona serta semerbak baunya yang begitu khas.

Di alam liar, Bunga mawar dapat tumbuh hingga mencapai 20 meter. Akan tetapi itu hanya pada jenis tertentu saja. Namun pada umumnya, spesies tanaman berduri ini tumbuh sekirar 5 meter.

Secara spesifik, setiap spesies bunga mawar tersusun atas akar, daun, duri, batang, kelopak serta mahkota bunga. Mahkota bunga pada tanaman ini berwarna merah cerah. Selain indah, kelopak bunga juga berfungsi sebagai pemikat serangga dengan tujuan untuk membantu jalannya proses penyerbukan.

5. Bunga Camelia

tanaman hias daun
WorldofFloweringPlants.com

Kalau anda mengaku pecinta bunga, pasti anda kenal dengan tanaman hias bunga camelia. Mendengar namanya saja sudah cantik. Apalagi melihat bunganya secara langsung.

Bunga camelia merupakan tanaman hias bunga yang berasal dari dataran China. Tanaman ini merupakan representasi penyatuan sepasang kekasih. Petal bunganya yang bertekstur halus dan bertingkat melambangkan seorang wanita. Sedangkan kelopak hijau yang menopang disekelilingnya diibaratkan sebagai pria yang selalu melindunginya.

Bunga camelia memiliki berbagi warna diantaranya merah, pink, kuning ungu serta putih.

6. Bunga Amarilis

tanaman hias bunga
Dengarden.com

Bunga amarilis mempunyai nama ilmiah hippeastrum. Bunga ini merupakan tanaman tropis yang berasal dari Afrika selatan.

Orang Indonesia biasanya menamam bunga ini pada pekarangan rumah. Ketika berbunga, amarilis akan menghadirkan warna yang cerah dengan enam lapisan bunga. Keindahan inilah yang menjadikan orang banyak jatuh hati terhadap tanaman ini.

7. Bunga Melati

tanaman hias bunga
BawangBawangan.com

Di sebagian negara, bunga melati dijadikan sebagai bunga nasional. Seperti halnya di Hawai, Thailand, Suriah, Pakistan serta Filipina.

Di Indonesia sendiri bunga melati identik dengan tradisi pernikahan. Karena sering kali bunga tersebut digunakan sebagai penghias maupun untuk keperluan ritual adat pernikahan. Selain itu, bunga melati juga bisa dibuat olahan baik untuk konsumsi maupun kesehatan seperti teh, bahan kosmetik, parfum serta hiasan dalam rangkaian bunga.

8. Bunga Tulip

tanaman hias daun
pexels.com

Selain terkenal dengan sebutan Negeri Kincir Angin, Belanda juga terkenal sebagai Negara Tulip. Di negeri ini banyak sekali ditemui kebun Bunga Tulip yang begitu mempesona.

Warna warni keindahan Bunga tulip benar-benar menghipnotis setiap mata yang memandangnya. Pada setiap tahunnya, tepatnya pada musim semi negara habitat Bunga Tulip seperti halnya Belanda selalu mengadakan festival musim mekar bunga tersebut.

Jika anda berminat untuk melihat keindahanya, datanglah ke negara eropa ketika musim semi sedang belangsung.

9. Bunga Soka

tanaman hias daun
CoinaPhoto.com

Mendengar nama Bunga Soka mungkin masih asing di sebagian telinga orang Indonesia. Namun jika sudah melihat bagaimana indahnya bunga tersebut, mungkin anda akan segera memasukkannya dalam list tanaman hias yang akan anda koleksi.

Bunga Soka termasuk tanaman hias bunga berbatang keras. Sehingga hal ini memungkinkan untuk dilakukan teknik stek batang. Karakteristik Bunga soka mempunyai warna cerah.

Selain itu, perawatan tanaman Soka tergolong mudah. Apalagi jika tanaman sudah tumbuh dewasa maka akan lebih memudahkan lagi perawatannya. Bunga Soka biasa dijadikan sebagai tanaman pagar kerena sifat tumbuhnya yang menggerombol.

Demikian informasi berbagai tanaman hias bunga yang dapat rivorma bagikan. Semoga mengispirasi dan bermanfaat.

Orang lain juga menelusuri 

Nama Bunga Hias dan Gambarnya

Jenis Tanaman Hias Otdoor

Jenis Tanaman Hias dan Harganya

Jenis jenis Tanaman Hias Daun

Ciri ciri Tanaman Hias Bunga

Contoh Tanaman Hias Akar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *