Inspirasi Taman depan rumah minimalis Tercantik

Taman Depan Rumah – Mempunyai taman depan rumah tentu merupakan dambaan bagi setiap penghuni rumah. Ada banyak manfaat dan kebaikan yang akan diperoleh penghuninya, diantaranya adalah nuansa asri, kesegaran serta suasana alami. 

Selain menciptakan nuansa asri, hadirnya taman depan rumah juga dapat mempercantik serta memperindah tampilan halaman rumah. Karena yang akan dilihat pertama kali oleh tamu yang berkunjung ke rumah anda adalah halaman rumahnya. Lalu apa jadinya jika halaman rumah anda ternyata tidak terawat, dan bahkan banyak ditumbuhi rumput-rumput liar yang merusak pemandangan.

Oleh karena itu, membangun dan mendesain taman dengan sebaik-baiknya adalah hal yang patut anda lakukan. Supaya anda serta tamu yang bertandang ke rumah anda merasakan kenyamanan.

Mungkinkah Membangun Taman Depan Rumah di Lahan Sempit ?

 TAMAN DEPAN RUMAH
desain1rumah23.blogspot.com

Luas atau sempitnya lahan bukanlah menjadi perkara dalam pembangunan taman. Pada saat ini, sudah banyak pengembang atau kontraktor taman yang menyediakan jasa pembuatan taman minimalis. Tetapi bagi anda yang mungkin tidak memiliki dana untuk menyewa kontraktor, bisa disiasati dengan membuatnya sendiri.

Pembuatan taman minimalis sendiri tidaklah membutuhkan lahan yang luas ataupun lebar. Karena luasnya lahan bukanlah jaminan taman akan terlihat indah. Adapun hal terpenting yang harus anda perhatikan adalah nilai estetika serta bagaimana anda mengatur taman tersebut.

Dalam membuat taman minimalis, anda tidak perlu menguasai ilmunya secara komprehensif atau menyeluruh. Mulai dari ilmu pertanahan, ilmu tanaman dan lain sebagainya. Yang anda butuhkan adalah tekat yang kuat, serta mau belajar.

Saat ini sudah ada media internet yang bisa anda jadikan sebagai jalan untuk panduan pembelajaran. Oke tidak perlu berpanjang lebar, langsung saja simak inspirasi gambar taman depan rumah di bawah ini.

Taman Depan Rumah Minimalis Modern

Seperti sudah dijelaskan diatas, taman depan rumah minimalis tidaklah memerlukan tanah yang luas. Hal terpenting yang wajib anda perhatikan adalah desain dan artistiknya. Berikut ini adalah contoh taman depan rumah.

TAMAN DEPAN RUMAH
1.bp.blogspot.com
 TAMAN DEPAN RUMAH
1.bp.blogspot.com
TAMAN DEPAN RUMAH

1.bp.blogspot.com
TAMAN DEPAN RUMAH
1.bp.blogspot.com
TAMAN DEPAN RUMAH

1.bp.blogspot.com
taman depan rumah
youtube.com
 TAMAN DEPAN RUMAH
NdikHome.Com
TAMAN DEPAN RUMAH
sunset.com
TAMAN DEPAN RUMAH
sunset.com
TAMAN DEPAN RUMAH
sunset.com

Kreatifitas Menata Taman Depan Rumah

Kreativitas dan inovasi dalam bidang seni pertamanan dari waktu ke waktu selalu berkembang. Saat ini banyak sekali ditemukan taman dengan desain serta model yang tidak pernak terfikirkan sebelumnya.

Taman di Dalam Rumah

TAMAN DEPAN RUMAH
Berita Properti – Rumah123.com

Pernahkah anda berfikir untuk membuat sebuah taman minimalis di dalam rumah? Jika pernah, ide anda sangatlah jitu. Pembuatan taman minimalis, sejatinya bukan hanya untuk luar ruangan saja. Bahkan sudut ruangan rumah yang kosong, bisa anda manfaatkan untuk dibuat taman minimalis seperti yang ada di depan atau samping rumah.

Prinsip pembuatanya masih sama dengan taman minimalis depan rumah, hanya saja anda perlu membuat desain yang bagus agar suasana ruangan anda semakin asri dan hijau. Taman di dalam rumah, akan sangat nyaman bila anda menambahkan kayu sebagai tempat duduk sekedar untuk membaca.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa menggabungkan beberapa elemen yang sudah punya desain khusus seperti halnya batu alam.

Kombinasi Bebatuan dengan Tanaman

taman depan rumah
kompas.com

Pembuatan taman minimalis tidak melulu membutuhkan tanaman serta material dalam jumlah banyak. Justru pemakaian material yang sedikit akan mempermudah untuk mendapatkan kesan minimalis serta sederhana.

Sebagai contoh, anda bisa mengkombinasikan antara elemen batuan kali, rumput gajah mini serta pohon pakis. Bisa dipastikan kesan minimalis akan sangat terlihat pada taman anda. Karena dengan adanya pohon pakis akan menampilkan ciri khas tanaman tropis serta kesan sederhana pada taman anda.

Cara Menata Bunga di Depan Rumah

taman depan rumah
Garink.com

Sering kita jumpai, ada perumahan yang tidak mempunyai halaman di depan rumah. Tidak adanya halaman bukan karena keinginan si pemilik rumah. Akan tetapi seperti itulah desain yang dibuat oleh pengembang. Maka tidak heran jika pemilik rumah ingin menciptakan suasana di halaman rumahnya.

Namun jangan bingung, menciptakan suasana asri tidak hanya bagi mereka yang memiliki sisa lahan. Anda juga bisa  menyusun rangkaian pot warna warni yang berisi tanaman hias. Sehingga suasana harnomis, minimalis akan senantiasa anda rasakan di rumah.

Memanfaatkan Lahan Kosong untuk Sayuran

taman depan rumah
leeseonyeon.blogspot.com

Nah, solusi yang satu ini juga bisa anda terapkan di halaman rumah anda. Jika anda ingin menciptakan suasana alami nan segar bahkan menghasilkan. Menanam sayuran adalah solusi terbaik yang wajib anda lakukan.

Pada saat ini, berkebun tidak hanya dilakukan oleh orang pedesaan saja. Bahkan orang perkotaan juga banyak yang berkebun layaknya orang desa. Karena sempitnya lahan bukanlah menjadi penghalang bagi mereka yang ingin menanam sayuran.

Sekarang sudah banyak sekali teknik menanam sayuran pada lahan sempit yang biasa dilakukan orang perkotaan. Salah satu teknik yang sering dilakukan adalah hidroponik. Pada teknik ini, anda hanya perlu sebuah rangkaian paralon sebagai media tanam.

Taman dilengkapi Kolam minimalis

taman depan rumah
edesainminimalis.com

Membuat rumah tidak hanya berfokus pada desain interiornya saja. Akan tetapi desain interiornya juga perlu diperhatihan.

Membangun taman minimalis adalah usaha untuk mempercantik eksterior rumah. Akan tetapi, memiliki taman minimalis depan rumah tentu adalah hal yang biasa. Jika anda menginginkan suasana yang lebih alami seperti halnya sejuknya hutan mungkin anda biasa menambahkan kolam ikan minimalis.

Hadirnya kolam ikan akan menjadikan nuansa alami semakin terasa. Ditambah lagi suara gemercik air serta warna warni ikan yang berenang kesana kemari akan sangat menyejukkan mata yang melihatnya.

Tanaman Gantung yang Super Indah

taman depan rumah
desainrumahasobat.blogspot.com

Setiap orang pasti menginginkan mempunyai hunian yang enak dipandang. Rumah yang memiliki tanaman hias, tentu akan lebih nyaman dilihat dibandingkan rumah tanpa tanaman karena akan terlihat gersang.

Rumah dengan tanaman hias akan lebih menampilkan suasana asri dan menyejukkan mata. Tidak harus membangun sebuah taman minimalis atau kolam minimalis untuk menciptakan suasana alami. Menanam dengan pot gantung juga bisa menjadi solusi terbaik akibat sempitnya halaman.

Perlu diketahui, tidak semua tanaman hias cocok untuk dijadikan tanaman gantung. Hanya jenis-jenis tertentu saja seperti, anggrek, begonia, geranium, lobelia dan masih banyak lainya.

Gazebo Taman

taman depan rumah
zonatukangtaman.blogspot.com

Mempunyai halaman rumah yang luas pastinya memiliki kelebihan tersendiri. Dengan halaman yang luas, anda bisa memanfaatkanya unttuk membuat taman minimalis dan berbagai dekorasi pelengkapnya. Salah satu dekorasi pelengkap taman minimalis adalah membangun gazebo.

Gazebo adalah sebuah bangunan yang cendrung terbuka, biasanya gazebo merupakan tempat yang sangat cocok untuk bersantai, berkumpul bersama keluarga dan sebagainya. Prinsip utama gazebo adaalah nuansa alami, kenyamanan serta kebersamaan.

Biasanya gazebo dibangun pada halaman taman, tepi kolam, belakang rumah atau lokasi yang dirasa cocok. Bentuknya yang tanpa dinding, menjadikan orang bisa melihat sekelilingnya tanpa ada halangan.

Tanaman Pagar

taman depan rumah
dekoruma.com

Tanaman pagar bisa dijadikan sebagai alternatif, jika anda sudah merasa bosan dengan pagar beton yang cenderung kaku serta tidak alami.

Tanaman pagar merupakan tumbuhan yang ditanam dengan berbagai fungsi dan beragam manfaat. Selain menyejukkan mata, tanaman pagar juga berfungsi sebagai pembatas tanah, pembatas antara jalan setapak, pembatas ladang dan lain-lain.

Banyak sekali varian tanaman yang dapat anda jadikan sebagai tanaman pagar. Jika anda menginginkan tanaman pagar yang dapat menghasilkan, tidak ada salahnya kalau menanam tanaman jenis katuk. Tanaman katuk merupakan tanaman jenis obat-obatan yang biasa. Salah satu manfaat daun katuk adalah untuk melancarkan ASI.

Taman Minimalis Belakang Rumah

taman depan rumah
Desainrumahnya.com

Kalau anda mempunyai sedikit lahan kosong di belakang rumah, maka tidak ada salahnya jika anda membangun sebuah taman.

Jika pada saat ini, kita sangat sering menjumpai taman yang berada di depan rumah. Mungkin taman di belakang rumah bisa dijadikan sebagai alternative taman pribadi untuk menghilangkan penat serta menyegarkan fikiran setelah seharian berada di depan komputer.

Membangun taman belakang rumah, tidak harus mengeluarkan uang untuk membeli tanaman hias yang berharga mahal. Kombinasi antara bebatuan alam, rumput serta sedikit tanaman hias juga sudah cukup membuat taman yang anda buat terlihat cantik.

Sebenarnya banyak opsi tanaman yang bisa ditanam. Anda juga bisa menanam tanaman tanaman bumbu dapur bahkan sayuran seperti lengkuas, jahe, kunyi, bayam, sawi, kangkung yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan memasak.

Taman Minimalis Dilengkapi Jalan Setapak

taman depan rumah
Home.co.id

Mendesain taman dengan sebaik mungkin adalah perkara yang harus disiapkan sebelum membuatnya. Selain penataanya, pemilihan tanaman hias juga akan berpengaruh terhadap keindahan taman.

Salah satu elemen yang dapat menjadikan taman terlihat semakin indah adalah jalan setapak. Jalan setapak sendiri berfungsi sebagai tempat berpijaknya kaki ketika memasuki taman terutama rumput atau tumbuhan yang berukuran kecil. Sehingga tanaman tidak rusak disebabkan terinjak kaki.

Selain itu, hadirnya jalan setapak juga dapat menjadikan karakter taman semakin kuat asalkan sesuai dengan konsep yang dibuat. Banyak sekali material jalan setapak yang dapat anda pilih diantaranya batu bata, paving block, koral sikat, batu templek serta batu alam.

Taman Samping Rumah Sederhana

taman depan rumah
konstruksirumah.com

Pernahkah anda berfikir untuk membangun sebuah taman di samping rumah? Jika pernah maka tepat sekali, karena pada saat ini, taman minimalis tidak hanya dibangun didepan rumah saja. Bahkan samping rumah juga tidak luput dari berkembangnya dan semakin kreatifnya seni pertamanan ini.

Seperti halnya taman minimalis yang lain, taman di samping rumah juga tidak membutuhkan lahan yang luas. Seberapapun ukuranya bukanlah menjadi masalah dalam pembuatanya.

Halaman di samping rumah adalah salah satu lokasi yang sering dilewati baik untuk sekedar keliling rumah atau bahkan sudah menjadi jalan utama. Maka agar mengahsilkan taman yang bagus dan sesuai kebutuhan ada baiknya ditambahkan jalan setapak.

Dengan hadirnya jalan setapak, aktifitas yang sebelumnya sering anda lakukan tidak akan terganggu dan tidak akan merusak tanaman hias yang ada.

Tips dan Trik supaya Tamanmu Selalu Terlihar Segar

Apakah yang anda rasakan jika di sekeliling rumah anda terdapat taman yang hijau, asri serta menyejukkan mata? Tentu anda akan merasakan kesegaran dan kebahagiaan. Walaupun hanya berukuran mungil dan berada di sudut rumah anda.

Untuk mengahasilkan tanaman yang segar, sehat serta hijau bukanlah tanpa usaha. Karena tanaman juga butuh perawatan seperti halnya barang yang lain. Maka untuk mendapatkan hasil yang maksimal mari perhatikan tips berikut ini.

Jangan Asal Menyiram

taman depan rumah
GrowingFamily.co.uk

Pada dasarnya, setiap mahluk hidup memerlukan air untuk kelangsungan hidupnya. Begitu pula dengan tumbuhan yang membutuhkan air guna untuk proses fotosintesis.

Akan tetapi, pemberian air juga tidak boleh berlebihan, karena dapat mengakibatkan pembusukan, khususnya terhadap tanaman yang tidak banyak membutuhkan air. Oleh karena perlunya pengetahuan terhadap jenis dan karakter tanaman itu sendiri.

Ada beberapa poin yang perlu anda perhatikan supaya tanaman anda selalu terlihat segar.

Memperhatikan Ukuran Tanaman, dengan mengetahui ukuran tanaman, anda bisa memperkirakan jumlah air yang dibutuhkan untuk menyiram.

Waktu Penyiraman, ada baiknya anda menyiram tanaman pada pagi dan sore hari saja. Karena tanaman perlu menyerap air untuk fotosintesis.

Iklim dan Cuaca, Anda juga jangan melupakan faktor cuaca. Jika sedang berada pada musim kemarau, lebih baik anda menambahkan jumlah air. Apalagi matahari bersinar sangat terik dan panas.

Posisi Tanaman, kebutuhan air tanaman yang diletakkan di luar rumah dengan tanaman yang anda letakkan di dalam rumah berbeda. Untuk tanaman di luar rumah, sebaiknya anda menyiramnya dengan teratur. Adapun yang berada di dalam rumah dan jarang terkena sinar matahari, hanya perlu sesekali saja untuk disiram.

Pemberian Pupuk

taman depan rumah
Chemarc.com

Memelihara tanaman bukan hanya perkara menyiramnya saja. Untuk mendapatkan tanaman yang segar dan sehat pemupukan mesti dilakukan. Pemupukan adalah proses perawatan tanaman, khususnya yang menggunakan pot sebagai media tanamnya.

Pada dasarnya, pemupukan bertujuan untuk menggantikan unsur hara tanah yang berkurang akibat proses pertumbuhan. Waktu pemberian pupuk sendiri tergantung respon tanaman dan kebutuhan. Anda bisa melakukan pemupukan sekurang-kurangnya sekali dalam dua minggu.

 

Pemangkasan Tunas Muda

taman depan rumah
RumahSleman.com

Memotong tunas muda dan daun yang layu tidak mengakibatkan tanaman mati. Bahkan tanaman akan terlihat lebih segar dan terawat.

Pada dasarnya, pemangkasan tunas muda dilakukan sebagai upaya perawatan tanaman dan untuk mempertahankan bentuk yang diinginkan. Terkadang juga pemangkasan dilakukan karena ranting serta daun sudah tumbuh terlalu lebat. sehingga terlihat kurang rapi.

Hindarkan dari Serangan Serangga

taman depan rumah
HomesteadBrooklyn.com

Apakah tanaman anda layu ? apakah tanaman anda tumbuh kerdil ? Bisa jadi tanaman anda diserang oleh hama. Hama merupakan hewan pengganggu yang dapat berakibat buruk terhadap tumbuh kembangnya tanaman.

Apabila tanaman anda secara tiba-tiba layu, tumbuh kerdil serta terlihat kurang sehat. Maka anda harus segera bertindak sebelum tanaman anda mengalami kematian. Pada setiap tanaman akan mempunyai gejala yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, jika tanaman anda mengalami kasus dan ciri seperti diatas, anda bisa menanggulanginya dengan menyemprot pestisida supaya serangan serangga tidak berlanjut.

Pencahayaan

taman depan rumah
GrowWeedEasy.com

Sebagaimana kita ketahui, bahwa tidak semua tanaman bisa tumbuh dengan baik pada tempat yang minim cahaya. Karena pada prinsipnya setiap tanaman membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis.

Akan tetapi sinar matahari yang berlebihan juga bisa berimbas buruk bagi tanaman yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Karena tanaman anda bisa layu, kering serta menguning. Tanaman hias pada umumnya membutuhkan 3-4 jam cahaya matahari. Adapun sayuran dan buah-buahan membutuhkan 5-6 jam sinar matahari per harinya.

Hal ini berbeda dengan tanaman yang tidak banyak membutuhkan air seperti kaktus, tumbuhan pakis, lidah mertua, sirih. Karena umumnya, tumbuhan tersebut hanya membutuhkan 2 jam cahaya matahari setiap harinya.

Itulah tadi berbagai inspirasi taman minimalis depan rumah serta bagaimana cara merawatnya. Supaya tumbuhan tanaman anda selalu terlihat segar, hijau serta sehat. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *