Sangat Mudah! Inilah Dia Cara Membuat Surat Tidak Resmi

Tahukah anda, apakah yang dimaksud surat tidak resmi ? Surat jenis ini merupakan surat yang dikirimkan dalam situasi dan kondisi tidak resmi.

Berbeda dengan surat resmi, surat tidak resmi tidak mesti ditulis dengan bahasa maupun format yang baku. Karena dalam penulisannya lebih banyak menggunakan bahasa sehari-hari. Namun yang terpenting, tetap menjaga sopan santun dan esensi pesan bisa tersampaikan.

Perlu diketahui, tradisi surat menyurat sudah dilakukan bangsa Mesir sejak 2000 tahun SM. Pada zaman tersebut, surat dituliskan pada benda yang tidak pernah kita bayangkan saat ini seperti mangkuk, kain linen serta papirus. kemudian surat tersebut dibungkus dengan kulit binatang atau kain barulah surat dikirimkan.

surat tidak resmi
pexels.com

Namun seiring berjalannya waktu, penggunaan surat kertas sebagai media komunikasi jarak jauh mulai tergantikan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Apalagi setelah ditemukannya berbagai macam media pesan elektronik seperti E-MAIL, SMS, BBM hingga Whatsapp tradisi ini pun sudah sangat jarang dilakukan.

Baca juga | cara sederhana membuat surat izin sekolah

Tetapi ditengah majunya perkembangan teknologi, ternyata masih ada sebagian orang yang masih setia menggunakan surat sebagai alat komunikasi. Berikut ini, akan disajikan macam-macam contoh surat tidak resmi.

Contoh Surat Tidak Resmi Secara Singkat

Jakarta, 11 Januari 2018

Dear Fakhrur Arifin

di Metro

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Halo mas Fakhrur, gimana kabarnya ? semoga sampean dan sekeluarga selalu dalam keadaan sehat dan sanantiasa menjadi orang yang banyak bersyukur.

Mas Fakhrur, setelah saya pergi meninggalkan Metro kurang lebih 3 bulan yang lalu. Ternyata ada beberapa tanggungan yang belum terselesaikan dengan beberapa teman disana. Pada waktu itu, saya sudah menjajikan kepada Joko, Jarwo, Samingun, Samijan dan Bendol untuk mentraktir mereka di Warung bakso bintang 16 C.  Tetapi karena keterbatasan waktu, saya tidak jadi mentraktir mereka.

Maka dengan surat ini, saya minta tolong sampean untuk menyampaikan permintaan maaf saya pada mereka. Selain itu, saya juga selipkan uang 500 ribu untuk sampean berikan kepada mereka.  Mungkin ini saja mas, pesen yang bisa saya kabarkan. Sekali lagi saya berterima kasih banget atas bantuanya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Kawanmu

 

Ibnu Faiz

Contoh Surat Tidak Resmi Ucapan Selamat

Untuk Temanku

Silvi Tantri Wulandari

di Yogyakarta

Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo Tantri bagaimana kabarmu ? Semoga kamu selalu diberikan kesehatan oleh yang Maha Kuasa. Nggak nyangka ya, ternyata waktu berputar begitu cepat. Rasanya kamu kuliah di jogja baru kemarin sore. Eh tau-taunya sekarang kamu udah wisuda S1.

Kepada temanku, aku ucapkan selamat atas rampungnya pendidikan S1 program Pendidikan dan Psikologi di UAD. Semoga kelak ilmu yang sudah kamu dapatkan bisa bermanfaat untuk nusa, bangsa dan agama.

Sebelumnya saya mau minta maaf, karena sewaktu kamu wisuda aku nggak bisa hadir. Jujur waktu itu aku sedang sibuk-sibuknya menangani klien bisnisku yang nggak ada habisnya. Sehingga aku nggak bisa hadir di acara wisudamu.  Semoga dengan hadirnya surat ini, permintaan maafku bisa kamu kabulkan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Jakarta, 25 Juli 2018

Temanmu

 

Zain An-najah 

Contoh Surat Tidak Resmi Memberikan Kabar untuk Keluarga

Magetan, 08 OKtober 2018

Untuk Ibunda tercinta

di rumah

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Ibu dan sekeluarga gimana kabarnya ? Semoga ibu, bapak, kakak serta adik selalu dalam keadaan sehat wal afiyat. Ibu, zain ingin memberikan kabar bahwa anak ibu tercinta juga dalam keadaan sehat.

Ibu, sejak zain memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke Magetan, zain merasa banyak perkembangan dari segi ilmu, wawasan hingga cara berfikir. Ibu, saat ini zain sedang membangun sebuah website dan insya allah dalam waktu dekat zain juga akan memulai bisnis internet marketing.

Oleh karena itu, zain minta do’a dan dukungan kepada ibu dan seluruh keluarga. Semoga segala sesuatu yang zain lakukan disini bisa dilancarkan dan diberikan kesuksesan oleh yang Maha Kuasa.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Ananda Tercinta

 

Zain As-sendangi

Contoh Surat Tidak Resmi Kepada Teman Kecil

Sendang Agung, 10 Juni 2020

Kepada sahabat SMA ku

Kang Suyatno

di Metro

Asslamu’alaikum Wr.Wb.

Kang Yatno piye kabare ? Semoga sehat, dan salalu dalam lindungan Allah SWT. Sudah lama aku nggak nulis surat buat kamu. Bukannya nggak kepingin nulis, tetapi karena aku masih sibuk mengurusi usaha baruku sehingga aku belum bisa bagi waktu untuk nulis surat.

Kang Yatno, tak terasa masa SMA yang kita tempuh selama 3 tahun berlalu begitu cepat. Banyak sekali kenangan tak terlupakan yang sama-sama kita lalui. Aku ingat sekali sewaktu kita dimarahi oleh pak Suroto di depan kamar mandi setelah olahraga. Kemudian aku juga ingat ketika kamu jatuh dari sepeda setelah mengikuti jam kursus di tempat Pak Ito.  Pokonya semua pengalaman, aku masih mengingatnya dengan baik.

Disini aku ingin memberikan kabar kepada kamu, bahwa Insya Allah tanggal 1 Juli 2020 aku akan menikah dengan seorang wanita solehah bernama …………….. Maka dari itu, saya berharap kamu bisa datang dalam acara sakral tersebut.

Mungkin ini saja kabar dariku, jangan lupa sampaikan pesan ini pada kawan-kawan yang lain. semoga kamu bisa hadir.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sahabatmu

 

Zain Ibnu 

Contoh Surat Tidak Resmi Permintaan Maaf

Kepada Umar Fatih

di Bandar Lampung

Assalamua’alaikum Wr. Wb.

Mas Umar gimana kabarnya ? Mudah-mudahan sampean sekeluarga senantiasa dalam kesehatan. Sebelumnya saya mau mengklarifikasi kejadian tempo hari di Cafe Sinto. Waktu itu saya benar-benar sedang banyak fikiran ditambah lagi permasalahan baru silih berganti berdatangan.

Sebenarnya, saya sudah mencoba menahan amarah dengan sekuat tenaga. Namun qodarullah, kejadian buruk tersebut ternyata tidak dapat terhindarkan. Secara pribadi saya memohon maaf dengan hati paling dalam. Semoga dengan kejadian tersebut, bisa menjadikan kita semakin dewasa dalam menyikapi masalah.

Sekali lagi saya memohon maaf, semoga permintaan maaf saya bisa dikabulkan. Sehingga hubungan persaudaraan yang telah kita rajut selama belasan tahun tetap terjaga dengan baik.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sahabatmu

 

Ernado Ari 

Sekilas Tentang Perbedaan Surat Resmi dan Surat Tidak Resmi

Setiap kategori surat mempunyai kondisi dan penggunaan yang berbeda-beda tergantung keperluan serta yang mengeluarkan surat. Jika surat dikeluarkan oleh perusahaan, organisasi, perseorangan, serta instansi maka surat tersebut masuk dalam kategori surat resmi.

Ciri surat resmi

1. Menggunakan bahasa baku sesuai dengan kaidah EYD

2. Menggunakan Kop surat jika dikeluarkan oleh instansi atau organisasi

3. Tercantum nomor, perihal, lampiran dan tanggal

4. Biasanya terdapat stempel atau cap lembaga terkait

5. Terdapat aturan baku

6. Mempergunakan salam pembuka dan penutup resmi

Ciri Surat Tidak Resmi

Adapun untuk penulisan surat tidak resmi, tidak mempunyai aturan atau format baku dalam merangkainya. Baik itu aturan menggunakan bahasa formal, kop surat, nomor surat hal ini semua tidak berlaku pada surat tidak resmi.

Poin penting yang harus di perhatikan dalam menulis surat tidak resmi adalah bahasa yang digunakan dapat dicerna dan difahami. Sehingga inti atau isi surat dapat tersampaikan dengan jelas.

Demikian informasi tentang surat tidak resmi. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *