Kenangan Masa Masa SMA

Masa-masa Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah pengalaman yang sangat berkesan dalam hidup saya. Karena pada masa tersebut merupakan awal transisi perubahan sifat dari kekanak-kanakan menuju kedewasaan.

Putih abu-abu adalah seragam yang saya kenakan pada masa tersebut. Ketika di sekolah, saya tidak banyak menemukan hal-hal yang spesial, tetapi banyak sekali yang berkesan.

Karena yang saya rasakan dari mulai bangku SD, SMP, SMA rutinitasnya ya gitu-gitu aja. Berangkat ke sekolah pagi-pagi sekitar jam 7, kemudian belajar sampai jam 1 saing, setelah itu pulang ke rumah.

Kalau dilihat dari satu sudut pandang, tentu akan sangat membosankan dan menjenuhkan. Tetapi kali ini, saya akan menceritakan dan menggambarkan betapa asyik, menarik, menggelitik, konyol dan uniknya masa-masa tersebut.

Bermula Hari Senin Pagi

pexel.com

Seperti biasa, kegiatan belajar mengajar dimulai pada hari Senin. Pada hari itu ada salah satu rutinitas yang pasti dilakukan sebelum KBM berlangsung.

Sebenarnya kegiatan tersebut sangat positif, tetapi mayoritas siswa, terutama laki-laki banyak yang menghindarinya. Ada yang tau kegiatanya? ya, betul sekali itulah Upacara Bendera.

Saya termasuk siswa yang kurang teladan dalam mengikuti Upacara Bendera. Itu semua disebabkan saya sering datang terlambat ke Sekolah. Sehingga hukaman dari Guru BK adalah jadwal rutin saya pada Senin pagi, ojo ditiru yo.

Sebenarnya didalam hati kecil, saya ingin sekali mengubah kebiasaan buruk ini. Apalagi setelah dihukum Guru BK, rasanya malu banget.

Tetapi perasaan tersebut ternyata hanya saya rasakan diwaktu itu saja. Kalau sudah berganti hari, perasaan itu seperti tidak pernah ada hehehe. 

Sahabat yang Unik

pexel.com

Dari mulai kelas satu SMA, sampai dengan lulus, pasangan duduk saya hanya satu orang. Dia adalah sahabatku yang bernama Suyatno.

Dia orangnya sangat ramah, rendah hati dan suka menolong hehehe. Suaranya sangat merdu ketika membaca Al-qur’an, sehingga tidak heran kalau dia sering tampil diberbagai acara.

Pada waktu itu dia sempat menjadi Ketua Kelas dan Ketua IPM (Organisasi Sekolah yang mirip OSIS). Maka tidak heran jika dia menjadi idola para siswi dikelas. Ciye-ciye…

Suyatno Mirip denganku

pexel.com

Ada hal menarik yang tidak bisa saya lupakan sampai sekarang. Sejak dari SD sampai dengan SMP, saya tidaklah pandai dalam mata pelajaran Eksak (Matematika, Fisika…). Waktu itu saya berharap, akan mendapat kawan sebangku yang handal mata pelajaran tersebut.

Tetapi nyatanya, diapun sama-sama tidak mahir seperti saya hehehe. Ketika Guru sedang menerangkan, kami selalu berusaha menyimak dan memperhatikan dengan penuh keseriusan. Tetapi hasilnya tetap saja zonk. 

Dikala itu yang kami rasakan adalah pusing yang sangat biasa.

Melihat susunan rumus, bagaikan Cacing yang sedang berguling-guling di atas Ring. 

Maka, untuk mensiasati dan menutupi kelemahan tersebut, ketika Guru memberikan tugas rumah, solusi yang kami lakukan adalah mengambil jalan pintas, yaitu mencontek teman kami yang lain. Diantaranya Fitra, Aqsa, dan Adi.

Alhamdulillah, mereka dengan senang hati meberikan hasil jawaban mereka kapada kami. Ojo diconto yoo hehehe…

Jadi Pemain Voli Dadakan

pexel.com

Sudah menjadi tradisi di negara kita, setiap bulan Agustus pasti diselenggarakan perlombaan antar sekolah dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Sekolah kamipun tidak mau ketinggalan untuk ikut mengikuti lomba. Tetapi uniknya, cabang bola Voli yang jarang sekali latihan,  dituntut oleh sekolah untuk mengikuti perlombaanya.

Sebenarnya untuk jadwal latihan ekstrakurikuler bola Voli sudah ada. Tetapi hanya satu atau dua kali saja latihan dilakukan.

Pemilihan yang Unik

https://www.publicdomainpictures.net

Bahkan ada yang lebih unik lagi, dalam pemilihan pemain yang akan diikutkan perlombaan, prosesnya baru dilakukan dua minngu sebelum perlombaan dimulai . Waktu itu saya dipilih untuk mengikuti lomba tersebut, padahal saya tidak mengikuti ekstrakurikulernya. 

Yang mengajukan agar saya diikutkan adalah teman sendiri. Karena dia tau kalau saya hobi permainan bola Voli.

Ketika dipilih, saya sempat berfikir “gak papa deh ikutan, itung-itung cari pengalaman”.Tetapi waktu latihan dua minggu tidaklah cukup. Sehingga untuk hasilpun tidak bisa maksimal.

Ketemu Favorit Juara

pexel.com

Ketika waktu perlombaan telah tiba, sekolah kami mendapatkan undian betemu SMK Ma’arif Kandang. Sekolah tersebut terkenal dengan prestasi olahraganya yang cukup bagus. Tapi kami tidaklah takut, yang terpenting adalah berusaha.

Disaat pertandingan berlangsung, ternyata memang SMK Kandang terlalu kuat untuk dilawan. Sehingga tim kamipun kalah dengan skor telak 3-0.

Hampir disantap Guru

www.warriormindcoach.com

Hari Selasa adalah jadwal olahraga kelas kami. Ketika itu kami yang dilatih oleh Mas Faqih, melakukan praktek Lari Marathon. Jarak yang ditempuh saat itu kurang lebih 2 KM.

Setelah selasai Marathon, kami tidak langsung ganti baju. kami sempat bermain bola, karena memang masih ada waktu. Sekitar jam 9:45, saya dan rombongan yaitu Heru, Suyatno, Fitra dan Aqsa. Langsung Menuju kamar mandi untuk ganti baju.

Sampai di Kamar Mandi

pexel.com

Sesampainya di kamar mandi, ternyata hanya tersisa satu ruangan saja yang masih kosong. Sedangkan dua yang lainya sudah terpakai.

Untuk ruangan yang kosong, dipakai oleh Fitra. Sedangkan saya, Heru, Aqsa dan Suyatno menunggu di luar. Ketika kami sedang menunggu giliran, Aqsa mencoba mengetuk salah satu kamar mandi guna memastikan apakah benar-benar ada orang didalamnya.

Tetapi ketukan yang dilakukan Aqsa, ternyata terlalu keras. Spontan orang yang berada didalamnya menyahut dengan jawaban woy (memakai nada tinggi).

Kok mirip Suara Iswanto

https://geraihawa.com

Suara yang terdengar dari dalam kamar mandi, mengingatkan kami pada salah seorang teman yang bernama Iswanto. Saat itu ide jail untuk  mengerjai mulai muncul.

Diawali oleh Aqsa yang menendang pintu kamar mandi kemudian disusul oleh saya yang juga menendang. Tanpa diduga, respon yang kami terima cukup ekstrim, yaitu kami mendapatkan siraman air dari dalam kamar mandi.

Dengan siraman air tersebut, tidaklah membuat kami takut, justru kami semakin puas tertawa. Karena bisa membuat Iswanto marah. Setelah puas menendang Pintu, kami kembali mengantri didepan kamar mandi.

Dapat Karma

pexel.com

Tidak lama kami menunggu, orang yang kami sangka sebagai iswanto keluar. Ternyata dugaan kami salah besar. Yang keluar bukanlah Iswanto, Tetapi Pak Suroto. Seketika kami langsung dimarahi habis-habisan.

Disitu dia mengancam, kalau perbuatan seperti ini kembali terulang, katanya hati-hati. Alhamdulillah pada saat itu kami tidak mendapat hukuman hehehe.

Tidur saat Praktek UN

pexel.com

Suatu ketika, sekolahan sedang mengadakan Praktek Ujian Nasional. Menurut saya, itu adalah waktu yang sangat menegangkan dan mengerikan. Apalagi didalam praktek tersebut terdapat pelajaran yang paling saya benci, yaitu Matematika, Fisika dan Kimia.

Seperti praktek ujian pada umumnya, kami mulai memasuki runagan sekitar jam 7 pagi. Kebetulan pagi itu adalah jadwal praktek UN mapel Kimia. Sebelum lembar ujian dibagikan, saya sudah mersakan aura-aura negatif pelajaran Kimia.

Waktu itu petugas pengawasnya adalah Guru Pembimbingnya langsung, yaitu Ibu Devi.

Setelah saya mendapatkan lembar jawaban dan kertas kosong. Pertama-tama yang saya lakukan adalah mengisi biodata dengan cermat dan teliti.

Kemudian dilanjutkan dengan mebaca soal dari nomor satu sampai dengan empat puluh. Alhamdulillah, mungkin hanya 10 persen saja yang saya fahami, sedangkan sisanya tidak.

Waktu itu saya tidak mau ambil pusing. Kertas kosong yang dibagikan tadi, Saya pergunakan untuk menulis ulang soal ujian. Agar Guru menyangka, saya benar-benar serius mengerjakan soal.

Setelah dirasa cukup, kemudian saya melanjutkan mengerjakan soal. Saya hanya butuh waktu kurang lebih 10 menit untuk menyelesaikan empat puluh soal tersebut.

Nah, inilah pengalaman yang sangat indah bagi saya. Tanpa sengaja, saya tertidur setelah menjawab semua soal. Sedangkan posisi duduk saya adalah paling depan yang langsung berhadapan dengan Pengawas.

Ternyata disaat saya tertidur, Ibu Devi secara diam-diam mengambil lembar jawaban dan kertas oret-oretan milik saya guna memeriksanya.

https://blog.nemours.org

Pada saat itu dia kaget luar biasa. Karena melihat saya sudah selesai mengerjakan soal. Tetapi setelah diperiksa, tidak ada satupun jawaban yang benar. Bahkan dia lebih kaget lagi, manakala dia melihat kertas oret-oretan yang tidak nyambung dengan soal.

Maka seketika saya dibangunkan dan dimarahi. Sehingga satu ruangan menertawai saya.

Itulah sebagian kecil cerita menarik saya diwaktu SMA. Semoga bisa menjadi pelajaran bagi pembaca. Terima kasih sudah mampir di rivorma.com.

One Reply to “Kenangan Masa Masa SMA”

  1. noerdian1794gmailcom berkata:

    oke bro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *