Fakta Menarik Rumah Adat Sulawesi Barat (Rumah Adat Boyang/Mandar)

2 min read

Rumah Adat Sulawesi Barat

Rumah Adat Sulawesi Barat – Sulawesi Barat merupakan sebuah provinsi yang terletak pada bagian barat pulau Sulawesi. Provinsi ini terbentuk pada 5 Oktober 2004, setelah diperjuangkan cukup lama, yaitu dari tahun 1963.

Meskipun terbilang cukup muda, namun bukan berarti peradaban dan kebudayaan provinsi ini tertinggal dibandingkan dengan provinsi lain di Sulawesi. Salah satu bukti peradaban maju masyarakat Sulawesi Barat adalah kokohnya bangunan Rumah Adat Boyang yang tetap berdiri hingga kini.

Nah, lalu seperti apakah keunikan yang dimiliki oleh Rumah Adat Boyang. Berikut ini adalah ulasan dan pembahasan lengkapnya.

Fakta Rumah Adat Sulawesi Barat

Berbicara tentang Rumah Adat Sulawesi Barat, tentu tidak bisa dipisahkan dengan Suku Mandar. Suku Mandar merupakan penduduk mayoritas di provinsi ini yang secara tidak langsung mempengaruhi segala aspek sosial budaya di daerahnya.

Secara struktur bangunan, Rumah Adat Boyang mempunyai desain seperti Rumah Adat Lampung (berbentuk panggung) dengan bahan utama kayu sebagai ciri khasnya. Model bangunan panggung yang digunakan, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bangunan rumah adat sulawesi pada umumnya.

Sebelumnya kita telah membahas Rumah Adat Sulawesi Tenggara yang sama-sama berbentuk panggung. Namun jika ditinjau dari sisi filosofis, histori dll  tentunya tidak dapat disamakan antara satu denagn yang lainnya. Berikut ini uraian lengkapnya.

Jenis Rumah Adat Sulawesi Barat

Berdasarkan jenisnya, Rumah Adat Sulawesi Barat terbagi menjadi dua yaitu Boyang Adaq dan Boyang Beasa. Dua jenis rumah ini menandakan perbedaan identitas dan kedudukan bagi dikalangan Suku Mandar.

1. Boyang Adaq

Rumah Adat Sulawesi Barat
Apbaxter.com

Boyang Adaq merupakan rumah bagi para bangsawan dan dan keturunannya. Terdapat simbol khusus pada Boyang Adaq berupa Tumbag Layar yang terdiri dari 3 hingga 7 susun. Jika susunan yang dimiliki semakin banyak, maka derajat kebangsawanannya semakin tinggi.

BACA JUGA | Keunikan Rumah Adat Jawa Timur

2. Boyang Beasa

Rumah Adat Sulawesi Barat
rumahadatfauziyah.blogspot.com

Boyang Beasa merupakan rumah yang tempati oleh orang-orang biasa yang bukan keturunan bangsawan. Terdapat sedikit perbedaan dalam hal simbol bangunan, terutama pada Sedangkan pada Tumbag Layarnya yang tidak bersusun. Begitu pula perbedaannya dapa dilihat dari struktur anak tangganya.

Struktur Anak Tangga

Rumah Adat Boyang, baik pada Boyang Adaq maupun Boyang Beasa secara umum terdapat dua buah tangga, yaitu tangga bagian depan dan tangga bagian belakang. Uniknya, setiap tangga harus memiliki anak tangga yang berjumlah ganjil. Jumlahnya sekitar 7 sampai 13 buah.

Secara desain bangunan, Boyang Adaq mempunyai ukuran yang lebih tinggi dibandingakan Boyang Beasa. Jumlah anak anak tangganya pun lebih banyak yaitu berkisar 11 sampai 13 buah. Jumlah ini lebih banyak dari anak tangga Boyang Beasa yang hanya 7 sampai 9 buah saja.

Selain itu, tangga depan Boyang Adaq  bersusun dua serta dilengkapi dengan pegangan. Adapun pada ”boyang beasa”, bentuk tangganya tidak bersusun dan tidak terdapat pegangan.

Fungsi Rumah Boyang

Sebagaimana fungsi rumah pada umumnya, Rumah Boyang adalah tempat tinggal bagi Suku Mandar baik dari kalangan bangsawan maupun rakyat biasa. Dalam struktur bangunannya, terdapat beberapa ruangan yang memiliki fungsi masing-masing. Nah, berikut ini adalah pembahasan lengkapnya.

1. Lego Lego

Lego Lego merupakan teras rumah yang biasa digunakan sebagai tempat bersantai ataupun sekedar tempat berbincang bersama keluarga maupun tetangga.

2. Paceko

Paceko merupakan ruangan tempat untuk memasak atau dapur dan ruangan penyimpanan segala macam perabot dapur. Didalam Paceko juga dilengkapi dengan Pattetemeangeng atau kamar mandi.

3. Naong Boyang

Naoung Boyang merupakan kolong yang berada dibagian dasar bangunan rumah. Kolong tersebut biasa dipergunakan sebagai tempat penyimpanan binatang ternak atau biasa juga dijadikan oleh para wanita sebagai tempat menenun kain .

4. Tapang

Tapang merupakan ruangan yang biasa dimanfaatkan sebagai gudang atau sebagai tempat menyimpan perabotan rumah. Namun pada zaman dahulu, Tapang juga difungsikan sebagai kamar khusus pengantin baru dalam rangka menjaga privasi mereka.

5. Samboyang merupakan ruangan yang berada paling depan yang biasa diguanakan sebagai

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *