Fakta Penting Menikah Muda dalam Kacamata Agama Islam

Menikah mudah dalam islam

Menikah Muda – perkawinan bukan hanya menyatukan kedua cinta seseorang saja. Namun dengan ikatan pernikahan akan tercipta ikatan fisik, mental, pikiran dan cita-cita.

Mengapa bisa demikian? Karena hakekat pernikahan adalah menempuh hidup bersama untuk menjadikan masa depan lebih baik dari sebelumnya.

Di era modern ini sangat banyak tersebar dosa tabu yang terlihat di jalanan yang bisa kita lihat dengan mata kepala kita sendiri.

BACA JUGA | Cara menulis CV Taaruf yang Benar

Pacaran telah menjadi tontonan banyak orang, bahkan anak SD pun sudah paham apa itu pacaran? Miris bukan main di akhir zaman ini?

Nah, untuk menilik bagaimana menindak-lanjuti tentang pacaran maka menikah di usia dini juga menjadi pembahasan menarik untuk kita. Mari kita bahas dengan Bahasa kita sebagai anak muda milenial.

Kisah Pengalaman Nikah Muda

Menikah Muda
youtube.com

Dalam hadist tentang menikah muda yang riwayat Bukhari no. 5066 dan Muslim no. 1400, disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda di hadapan para pemuda:

“Wahai para pemuda, barang siapa yang sudah mampu menikah, karena dengan menikah bisa lebih menundukan pandangan dan menjaga kemaluan. Barang siapa yang belum mampu maka hendaklah berpuasa sunaah sebagai perisai darinya”

Karena hadist yang berupa wasiat dari baginda Rasulullah SAW, maka para pemuda Quraish segera menikah di usia dini. Kisah yang mashur hingga kini adalah kisah Jabir bin Abdillah bin Amru bin Haram.

Di kisahkan bahwa ia telah menikahi seorang wanita dan ketika suatu hari bertemu dengan Rosulullah maka ia ditanya, “Apakah kamu telah menikah?” Maka ia menjawab “Iya benar ya Rasulullah”. Beliau SAW bertanya kembali tentang pernikahannya dengan seorang janda atau perawan. Maka Jabir bin Abdillah menjawab “Dengan seorang janda”.

Lalu Rasulullah memeberi pertanyaan lagi “Mengapa tidak dengan seorang gadis perawan saja?” dengan nada bercandanya.

Kemudian Jabir menjawab dengan baik. “Aku memiliki beberapa saudari yang perlu aku jaga. Dan aku khawatir aka nada penghalang hubunganku dengan mereka”

Maka dijawab oleh Baginda SAW “Iya, kamu sudah benar. Memang demikian (menikah). Sesungguhnya menikahi perempuan itu karena agamanya, hartanya dan kecantikannya. Hendaklah kamu mengutamakan perempuan karena agama agar kamu tidak merugi”.

Untuk bisa mencari referensi lain tentang nikah muda, Kamu bisa mencarinya di internet dengan cara menuliskan kata kunci “kisah nikah muda wattpad”.

Disana banyak cerita referensi terbaik yang bisa kamu dapatkan. Baik dari hikmah cerita dan pelajaran cara membangun rumah tangga dengan cara menikah muda.

Alasan & Tujuan Menikah Muda

Menyempurnakan Agama

Menikah mudah dalam islam
youtube.com

Dalam agama islam menyempurnakan agama, seseorang harus memiliki pasangan hidup, yakni menikah. Untuk itu sebagai mukmin yang baik maka mengamalkan apa yang diperintahkan dan dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya.

Hadist riwayat AL-Baihaqi dalam Syuabul-Iman. Dituliskan sebuah hadist yang artinya:

Rasulullah SAW bersabda “Apabila sesorang hamba menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya, maka bertaqwa-lah kepada Allah SWT untuk separuhnya”

Meningkatkan Cinta & Iman

Dalam hadist Nabi disabdakan: “Tidak ada romantisme yang lebih indah melainkan kedua orang yang saling menikah”. Hadist Ibnu Majah, Ibnu Abi Syaibah dan shahihkan oleh Al-Bani.

Jadi dengan mengikat rasa cinta kedua orang, yakni fitrah laki-laki dan perempuan dengan nikah akan lebih menyalurkan romantisme dengan bijak sesua ajaran dan norma agama.

Bagitu pula dengan hal tersenut bisa meningkatkan iman seseorang karena keduanya telah menjauhi zina dengan cara menikah.

Menjaga Diri

Dengan menikah seseorang pemuda bisa lebih menjaga diri dari perbuatan dosa. Seperti zina mata, zina tangan dan lainnya. Contoh mengontrol pandangan, mengontrol perbuatan terhadap lawan jenis dan lainnya.

Sebagaimana Allah SWT telah berfirman di dalam Qur’an surat Al-Isa’ ayat 32, yang artinya:

“Dan janganlah sekali-kali kamu mendekati zina, karena sesungguhnya zina itu perbuatan fasih (keji) dan seburuk-buruk jalan yang ditempuh seseorang”

Menikah Termasuk Ibadah

Di dalam agama islam, menikah sangat dianjurkan. Bahkan dalam satu hadist Rasulullah Saw disabdakan yang intinya menjelaskan bahwa menikah itu adalah Sunnahku (ajaran sunah dari Nabi Muhammad SAW).

Secara otomastis dengan mengikuti Sunnah ajaran utusan Allah, maka ummatnya pun juga akan mendapatkan pahala dari apa yang ummatnya lakukan. Yakni dengan mencontoh Nabi Muhammad SAW.

Mendewasakan Diri

Coba kamu perhatikan. Seseorang yang belum menikah akan lebih sering panic & bingung ketika ada masalah baru.

Namun berbeda dengan mereka yang sudah menikah, mereka justru lebih bisa menyikapi dengan dewasa dan hati-hati.

Mengapa? Karena sudah terbiasa meyatukan usulan dari orang lain dan hal itu terjadi selama beberapa jam di setiap harinya. Yakni berunding dengan pasangannya.

Jadi lebih paham bagaimana menyikapi masalah yang terjadi. Bila kurang percaya, maka cobalah. Dengan cara apa? MENIKAH!

Stamina Prima

Menurut riset ahli kedokteran menyatakan bahwa di usia muda adalah puncak dari stamina seseorang, baik stamina tubuh maupun vitalitas.

Dan di usia muda juga akan lebih banyak prosentase masa suburnya disbanding usia lanjut, seperti 30 tahun keatas.

Memiliki Keturunan

nikah mudah dalam pandangan agama
pexels.com

Alasan dan tujuan lain seseorang menikah muda karena ingin segera memiliki keturunan. Dengan perhitungan memiliki keturunan di usia muda, maka akan bisa melihat usia muda anak-anaknya juga nanti di masa mendatang.

Perhitungan, menikah di usia 20 tahun dan memiliki anak di usia 21 tahun. Maka prosentase melihat pertumbuhan dan perkembangan anak lebih panjang disbanding orang lain yang menikah di usia 25-30 tahun.

Jadi menikah muda juga bisa menjadi solusi bagi kamu yang pengen melihat regenerasi perkembangan anak keturunan kamu. Yang lain di usia 50 tahun masih kerja untuk memenuhi kebutuhan anak. Kamu di usia seumuran mereka bisa menikmati kesuksesan mendidik dan menjadi seorang bapak/ibu.

Masih banyak lagi keutamaan menikah muda yang bisa seseorang dapat setelahnya. Baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Bila ingin belajar lebih lengkap mengenai pernikahan, silahkan buka website damainesia.com di bab pernikahan dalam agama islam. Di sana dibahas lebih rinci, mulai dari cara menikah, persiapan menikah, akad nikah, hikmah menikah hingga masalah komplek pernikahan lainnya.

Hukum Menikah Muda

hukum menikah muda
pexels.com

Nikah muda adalah menikah di usia muda dengan catatan telah memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh syariat dan ketentuan negara.

Dalam menikah muda juga ada tuntutan yang harus diketahui oelh kedua pasangan, yakni keduanya siap baik dan segi fisi, mental dan agama untuk mengarungi bahtera rumah tangga.

Karena berkeluarga tak sebatas makan dan tidur berdua, namun juga bersengketa dalam lingkup kedua orang saja. Ya, seperti masalah kecil yang akan terjadi di suatu hari nanti.

Hukum menikah di usia dini dalam agama islam

Untuk memenuhi kebutuhan biologis, manusia harus menerima konsekwensi yang harus dibenuhi. Menikah merupakan salah satu cara sah mengikat hubungan antara laki-laki dan perempuan.

Maka ajaran islam menjelaskan ketika seorang muslim menikah maka hal tersebut termasuk peribadatan. Karena di dalamnya terdiri dari rukun, syarat dan beberapa hal lain yang harus dipenuhi sebelum menikah.

Maka dalam agama islam, menikah muda bukan lah permasalahan. Yang menjadi pokok hokum bolehnya menikah muda adalah diri seorang sendiri.

Ada 5 hukum yang mendasari menikah bagi pemuda:

  1. Wajib hukumnya bila seseorang telah mampu menikah namun bila ia menunda akan terjadi perbuatan dosa.
  2. Sunnah hukumnya bila seseorang mampu menahan nafsu lahir bathin, namun bila dia menikah juga tidak ada yang terbebani.
  3. Makruh Mampu menahan untuk tidak menikah, namun ada madharat yang akan terjadi bila tidak menikah.
  4. Mubah hukumnya jika menikah hanya karena nafsu semata bukan karena Allah ta’ala. Padahal menikah adalah menyempurnakan agama.
  5. Haram hukumnya bila seseorang tidak atau belum mampu menikah dan bila tetap menikah akan merugikan orang lain.

Jadi bisa disimpulkan bahwa menikah di usia dini bukan persoalahn umur namun persoalan siap atau tidak dengan konsekuensi yang berjalan.

Perlu persiapan dan pematangan yang komplek untuk menuju jenjang pernikahan, apalagi nikah muda.

Namun bila menganut pada undang-undang yang tertera di Indonesia. Tepatnya pada UU baru yang disahkan oleh DPR pada tahun 2019, yang isinya membahas pernikahan menyatakan bahwa diperbolehkan menikah bila usia telah lanjut dari 18 tahun, yang tepatnya usia 19 tahun.

Jadi bila ingin menikah muda dan mendapatkan surat resmi kependudukan, seseorang harus telah menginjak usia 19 tahun. Itu peraturan sesuai undang-undang berwarga negara yang baik.

Tips Menikah Muda

  • Luruskan niat hanya untuk mencari ridho Allah dan Rasul-Nya.
  • Niatkan untu membahagiakan kedua orang tua.
  • Berusaha lebih dewasa.
  • Belajar agama dan ilmu berumah tangga.
  • Membuat proposal yang sesuai diri sendiri.
  • Temukan jodoh yang terbaik bagi kamu.

Kata-Kata Nikah Muda

Pernikahan dini
pexels.com

Dalam diam

Give love in secret by praying for one another.

Sampaikan cinta dalam diam, dengan saling mendoakan satu sama lain.

Hanya kamu

I have passed by many eyes, but i only got lost in yours.

Aku sudah melewati banyak mata, tapi aku hanya bisa tersesat di matamu.

Akhlakmu

Your manners interest me more than your beauty.

Keindahan akhlak-mu lebih membuatku tertarik daripada keelokan rupa(wajah)mu.

Tersenyum

I find myself smiling when i daydream about you.

Aku mendapati diriku selalu tersenyum saat aku melamunkan tentang dirimu seorang.

Sekali lagi

And if they made me choose, I’d choose to love you once more.

Dan bila mereka memberiku pilihan, aku akan tetap memilih untuk mencintaimu sekali lagi.

Menyembunyikan perasaan

We try to hide our feelings, but we forgot that our eyes speak.

Terkadang kita mencoba untuk menyembunyikan perasaan kita, tapi kita lupa bahwa mata kita berbicara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *