Memori Masa Masa SMP

Pramuka adalah salah satu kegiatan ekstra kurikuler yang ada di sekolahku. Pada saat itu, ekstra kurikuler ini sangatlah diminati oleh kebanyakan siswa.

Banyak sekali alasan yang menunjukan kenapa Pramuka menjadi kegiatan ekstra kurikuler terfavorit. Salah satunya adalah adanya kegiatan Kemah.

Di Pramuka, siswa akan mendapatkan banyak sekali pelajaran, diantaranya adalah kerja tim, kedisiplinan dan pembentukan karakter. Hal ini akan terlihat jelas, ketika mereka sedang mengikuti perkemahan.

Disaat kemah, Kakak Pramuka akan membagi menjadi beberapa regu. Didalam setiap regu, ada satu orang yang dipilih untuk menjadi ketua. Peran ketua disini sangatlah vital. Karena kekompakan, kesuksesan, maju dan mundurnya sebuah regu tergantung ketuanya.

Mari Berkenalan dengan Sekolahku

pexel.com

SMP Muhammadiyah 2 Sendang Agung, itulah namanya. Letak sekolahku berada di tengah-tengah perkebunan Kelapa Sawit. Karena mayoritas penduduknya bekerja sebagai Petani.

Semenjak lulus SD di tahun 2007, aku memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di sekolah ini. Sebenarnya dikecamatanku terdapat beberapa sekolah tingkat SMP, baik itu milik Swasta maupun Negara.

Tetapi dengan berbagai pertimbangan, akhirnya aku melanjutkan study di SMP tersebut. Adapun yang menjadi pertimbangan keluargaku adalah karena faktor jarak yang relatif dekat dengan rumah.

Sepeda Mulai Punah

pexel.com

Setiap hari, aku dan kawan-kawan selalu berangkat beramai-ramai dengan menggunakan Sepeda Ontel. Bahkan ketika berangkat sekolah, kami pasti menghampiri satu sama lain agar bisa berangkat bersama-sama.

Namun sayang, Rutinitas tersebut tidaklah berlangsung lama. Karena kurang lebih setelah dua semester, kebersamaan yang telah dibangun melalui Sepeda Ontel mulai sirna.

Banyak Faktor…

pexel.com

Pada mulanya, ada salah satu dari temanku yang mencoba menggunakan Sepeda Motor. Kemudian tidak lama setelah itu, ternyata teman-temanku yang lain mulai mengikuti jejaknya.

Diwaktu itu, juga sempat terfikir untuk meminta kepada orang tua agar mengizinkanku menggunakan Sepeda Motor. Tetapi berkat nasehat yang begitu luar biasa dari Orang Tua, akhirnya akupun tetap naik Sepeda Ontel.

Saat itu, temanku yang memakai Sepeda Ontel semakin hari semakin berkurang. Hanya tersisa dua atau tiga orang saja, dari total keseluruhan yang mencapai belasan orang.

Kondisi tersebut, terjadi sampai akhir pendidikan SMP. Alhamdulillah, aku sangat bersyukur, karena dari kelas satu sampai dengan lulus aku tetap konsisten dengan Sepeda Ontelku.

Waktunya Memilih Ekstra Kurikuler

pexel.com

Pada saat itu, sekolah mewajibakan kepada seluruh siswa untuk memilih sekurang-kurangnya satu kegiatan ekstra kurikuler.

Bingung adalah yang aku rasakan. Dari sekian banyak kegiatan yang ada, sepertinya tidak ada yang cocok dengan hobiku “biasalah, masih pikiran bocah”. 

Tetapi karena ini adalah kewajiban, maka mau tidak mau aku harus tetap memilih. Pada saat pemilihan, aku sempat tengok kanan dan kiri, dan aku perhatikan ternyata banyak yang memilih Pramuka.

Maka atas dasar ikut-ikutan, akupun juga memilih Pramuka.

Pertama kali mengikuti

https://belapendidikan.com

Untuk kegiatan Pramuka, sebetulnya aku pernah mengikutinya waktu masih SD. Tetapi waktu itu aku jarang sekali masuk, karena aku lebih memilih bermain diluar bersama teman-teman.

Setelah pulang Sekolah, yaitu sekitar jam 2 siang, itulah pertama kalinya kegiatan ekskul Pramuka dilakukan. Aku sangat antusias menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan. Mulai dari Topi Baret, Dasi, Peluit dan Tali.

Kegiatan pertama yang kami lakukan adalah saling ta’arufan dan materi pengenalan Pramuka. Kakak Pembina (Kak Paiman) sangat semangat dalam menyampaikan materi.

Sehingga seluruh anggota Pramuka yang hadir begitu menikmati kegiatan tersebut.

Mulai Menikmati Kegiatanya

pexel.com

Didalam latihan Pramuka, Ada banyak hal yang dipelajari, diantaranya belajar cara melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan, belajar sandi-sandi rahasia, seperti sandi rumput dan kode morse serta semaphore, baris-berbaris dan tali-temali hingga pemetaan yang dilakukan dengan tujuan-tujuan positif.

Dengan berbagai macam kegitan positif yang ada, semakin mebuatku merasa nyaman, senang serta enjoy. Apalagi kalau sedang menyanyikan yel-yel, suasana semakin asyik dan rame.

Hiking yang Mengasyikan

pexel.com

Salah satu agenda menarik dalam Pramuka adalah Hiking. Dalam kegiatan ini, para peserta akan melakukan perjalanan melewati tempat yang sudah ditntukan, dengan berbagai aturan-aturan yang telah disepakati.

Untuk teknisnya, Pembina akan membagi menjadi beberapa regu, dan setiap regu nantinya akan ada satu orang yang dipilh menjadi ketua. Inilah salah satu daya tarik yang dimiliki kegiatan Pramuka. Akupun sangat antusias ketika Hiking akan dilakukan.

Sudah beberapa kali aku mengikuti kegiatan ini. Salah satu yang paling berkesan adalah ketika saya dan rombongan menempuh jalur yang cukup ekstrem.

Pada waktu itu kami melawati Bukit dan menyeberangi sungai. Dalam melalui rintangan tersebut tidak sedikit yang merasakan kesulitan terlebih lagi anak-anak perempuan.

Tetapi berkat kerja tim yang solid, dan satu sama lain saling bahu-membahu, akhirnya tantangan yang cukup sulit inipun berhasil dilalui dengan sukses.

Kemah dihalaman Sekolah

pexel.com

Kemah adalah acara yang paling dinantikan selluruh anggota Pramuka. Setiap tahun sekolah kami rutin mengadakan agenda tersebut di halaman sekolah.

Pada waktu itu, diwajibkan kepada seluruh pelajar untuk mengikutinya. Baik yang mengikuti eksta kurikulernya ataupun tidak. Dalam pembagianya, kurang lebih ada belasan regu yang terdiri dari putra dan putri.

Banyak persiapan yang kami lakukan untuk menyambut acara tersebut. Disitu setiap individu diwajibkan untuk membawa peraltan makan, minum, baju ganti, handuk, sandal, beras dan masih banyak yang lainya.

Kemah dimulai

pexel.com

Setelah semua persiapan selesai dilakukan, kami mulai menuju lokasi. Langkah pertama yang kami lakukan setelah upacara pembukaan adalah mendirikan Tenda.

Disitu kami mulai memasang Tenda yang akan tempati hingga beberapa hari. Butuh keahlian dalam pemasangan Tenda, agar kuat, kokoh dan tidak roboh terkena hembusan angin.

Tenda sudah beres, kamipun langsung membagi tugas, ada yang mencari kayu bakar, membuat tungku api dan membereskan serta merapikan Tenda.

Suasana Malam diperkemahan

pexel.com

Malam demi malam kami lalui dengan suka-cita, canda-tawa dan rasa bahagia. Tiada hari yang kami lalui tanpa senyuman kebahagiaan.

Memasuki malam ke tiga, pada malam tersebut akan diadakan uji mental untuk seluruh peserta Kemah. Acara tersebut sangatlah asyik tetapi juga menegangkan.

Waktunya Uji Mental

pexel.com

Sekitar jam satu pagi, seluruh peserta Kemah dibangunkan oleh Kakak Pembina. Sempat kaget sih, tetapi kami sudah tidah heran lagi, karena uji mental adalah acara wajib didalam perkemahan.

Kemudian kami diperintahkan untuk segera memakai seragam Pramuka, lengkap dengan aksesorisnya. Lalu kami diarahkan menuju depan Kantor untuk diberikan panduan oleh Kakak Pembina.

Pada saat itu disampaikan, bahwa peserta akan melakukan perjalanan malam dengan keadaan mata tertutup Dasi Pramuka.

Setelah itu, setiap regu berkumpul masing-masing sambil menutup mata dengan Dasi. Tibalah waktunya untuk berjalan.

Dapat sedikit Musibah

pexel.com

Dalam perjalanan tersebut aku mengalami hal yang cukup apes, dalam kondisi mata tertutup aku tercebur kedalam Selokan yang mempunyai kedalaman sekitar dua meter.

Walaupun kondisi kaki lecet-lecet, tapi itu semua bukanlah menjadi masalah, dan harus tetap semangat mengikuti perjalanan.

pexel.com

Ketika perjalanan telah sampai pada lokasi yang sudah ditentukan, satu persatu peserta diwajibkan untuk berjalan menuju arah kuburan secara sendiriian.

Sebenarnya dikuburan sudah banyak Kakak Pembina yang menunggu. Tetapi momen inilah yang paling tidak terlupakan.

Karena banyak peserta yang ketakutan, bahkan sampai menangis histeris terutama anak-anak perempuan.

Kalau aku sih tenang-tenang aja. Hanya saja aku lari sekencang-kencang supaya supaya tantanganya cepat selesai hehehe.

Terima kasih sudah mampir di rivorma.com. Demikian sekelumit cerita pengalamanku diwaktu SMP, semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *