Pengalaman Masa Kecil Yang Penuh Warna Warni

Hai kawan – kawan, gimana kabarnya? semoga baik – baik saja. Pada kesempatan kali ini, saya ingin menceritakan tentang pengalaman masa kecilku yang penuh dengan warna-warni.

Dimana pada masa tersebut, saya merasakan hidup yang tiada beban. Karena yang difikirkan hanya sesuatu yang bersifat hiburan saja, seperti bermain layang – layang, mencari ikan di sungai, berenang di cekdam, berpetualang ke hutan, sepakbola dan masih banyak permainan yang lainya.

Kalau saya mengingat memori tersebut, rasanya ingin sekali menjadi anak kecil sekali lagi hehehe. Tapi itulah masa lalu, yang tidak akan mungkin terulang kembali .

Banyak sekali pengalaman yang tak terupakan, mulai dari yang mengasyikan, menegangkan, menyedihkan dan pastinya nggak akan ada habisnya untuk di ceritakan.

Perbedaan Masa Kecilku Dengan Kids Zaman Now

pexel.com

Ok, disini saya akan menceritakan masa kecilku di waktu Sekolah Dasar (SD). Kenapa saya memilih pengalamanku diwaktu SD?? karena saya melihat ada perbedaan yang sangat signifikan antara masa kecilku dengan anak – anak kecil jaman sekarang.

Ketika masih duduk dibangku SD, obrolan saya dan teman – teman masih seputar permainan tradisional. Tetapi lihat saja anak sekarang, kalau sudah gabung dengan teman-temanya, pasti yang di obrolkan Mobile Legend, COC, PES, GTA dan masih banyak permainan modern yang lain.

Sungguh saya sangat bersyukur, karena dimasa kecilku tidak dijumpai berbagai macam permainan modern seperti sekarang. Maklum saja, saya kan orang desa yang jauh dari peradaban hehehe. 

Di Sekolahan

pexe.com

Masih teringat jelas dalam benak saya, ketika uang 200 Rupiah masih bisa di setarakan dengan uang 1000 rupiah zaman sekarang. Saya ingat sekali, dengan uang segitu masih bisa dibelanjakan beberapa potong kerupuk dan es balon.

Bayangkan saja, kalau anak sekarang diberikan uang saku segitu, pasti tidak akan diterima. Paling jawabanya, buat kerokan aja mak. Ya karena memang zaman sudah berubah, sehingga semuanya ikut naik.

Setelah pulang Sekolah

pexel.com

Ini adalah momen yang paling dinantikan semua anak – anak, baik zaman dulu maupun zaman now. Karena setelah setengah hari dihabiskan dengan rutinitas belajar di kelas, waktu inilah yang dapat mereka gunakan untuk bermain, bercanda, dan bersenda-gurau dengan teman-teman.

Pada poin ini, juga terdapat perbedaan yang sangat nampak. Dulu ketika ingin janjian bermain, saya harus datang ke rumah teman secara langsung. Wajar saja, waktu itu belum ada yang punya HP. Karena HP adalah barang eksklusif yang hanya dimiliki orang kaya.

Berbeda sekali dengan kids jaman now, mereka tidak perlu capek-capek datang ke rumah temanya. Cukup janjian lewat WA sudah beres. Enak sekali ya…

Engklek VS Mobile Legend

www.keluargacaplang.com

Salah satu permainan yang menjadi favorit saya dan teman-teman adalah Engklek. Kami sangat suka untuk memainkanya. Biasanya yang ikut bermain Engklek bukan cuma laki-laki, anak perempuan juga tidak mau ketinggalan.

Permanainan ini sangatlah mudah, dan tidak butuh tempat khusus untuk bermain. Kami biasanya bermain dihalaman rumah ataupun di tanah lapang. Yang kami butuhkan hanya di butuhkan sebuah pecahan genteng untuk dimainkan.

Sebelum bermain, biasanya kami sudah membuat kesepakatan. Bagi yang kalah, nanti akan ada hukumanya. Inilah yang menjadikan permainan Engklek semakin seru. Karena satu sama lain akan berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai yang terbaik.

Selain mengasyikan, Engklek juga dapat menyehatkan tubuh. Karena dalam permainanya, banyak menggerakan anggota fisik, terutama kaki dan anggota badan.

liputan6.com

Maka mari bandingkan dengan  permainan Mobile Legend. Di dalam permainan ini, pemain tidak banyak menggerakan tubuh. Bahkan posisi yang paling PW adalah bermain sambil tiduran.

Tentunya hal ini akan berimbas buruk bagi tubuh anak, jika dilakukan secara terus-menerus. Apalagi kalau sudah kecanduan, pasti akan sangat sulit untuk meninggalkanya.

Berani Kotor Itu Baik

pixabay.com

Sore hari adalah waktu yang paling asyik untuk nyeser (mencari ikan). Ini adalah salah satu hobi favorit saya di waktu kecil.

Saya kalau nyeser biasanya tidak sendirian, terkadang ditemani sahabat saya yang bernama Adi. Hampir setiap hari kami bermain bersama. Apalagi kalau nyeser.

Sebelum nyeser, ada beberapa peralatan yang harus dibawa, yaitu seser dan ember (untuk wadah ikan). Setelah semua peralatan siap, kami langsung meluncur ke TKP.

Lokasi yang paling sering dituju adalah kali kecil yang adalah disekitaran sawah. Disitu ada banyak sekali jenis ikan, mulai dari Ikan Gabus, Sepat, Blendong, Wader bahkan Belutpun ada. Tidak banyak yang kami dapatkan, saat itu kami hanya mencari kepuasan hati saja.

Setelah hasil yang didapat cukup, tahap selanjutnya adalah mengolah ikan tersebut dengan cara dibakar. Walaupun hanya dengan bumbu seadanya, yaitu garam dan kecap. Tetapi untuk rasa jangan ditanya hehehe.

Renang Di Bendugan

Kumparan.com

Di Desaku terdapat dua buah bendungan, atau yang sering disebut Cekdam. Cekdam yang pertama, ada di tengah-tengah Desa. Sedangkan satunya lagi berada diujung desa, yang berbatasan langsung dengan bukit.

Berenang adalah olahraga yang sangat asyik untuk dilakukan beramai-ramai, terutama jika cuaca sedang panas terik. Karena bisa menjadikan badan terasa fresh. Saya sangat hobi berenang, disebabkan manfaatnya yang begitu banyak untuk kesehatan tubuh.

Pada mulanya, Berenang adalah olahraga yang sangat sulit bagi saya. Karena sudah berulang kali berlatih, tetap saja tidak bisa. Bahkan suatu ketika, saya pernah dikerjai teman-teman dengan cara didorong ke bagian air yang dalam. sehingga saya pun tenggelam dan meminum banyak air.

Tetapi dari situlah motivasi untuk bisa berenang semakin kuat. Berkat bantuan dan bimbingan dari teman-teman, alhamdulillah akhirnya saya bisa berenang.

Balapan renang adalah agenda wajib yang kami lakukan. Ini semua untuk mengetes kekuatan fisik kami. Untuk jarak tempuhnya bervariasi. Tapi kalau saya sih lebih senang ikut yang jarak dekat saja hehehe.

Seni Menghabiskan Hari Minggu

Hari minggu adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu semua anak sekolahan termasuk saya. Karena setelah mengikuti pembelajaran efekif yaitu hari senin sampai dengan sabtu, inilah waktu yang yang sangat cocok untuk bermain seharian.

Sebenarnya banyak sekali hal yang saya lakukan pada hari minggu, bahkan selalu berbeda-beda setiap minggunya. Akan tetapi ada beberapa agenda wajib yang jarang sekali ditinggalkan.

Mulai dari pagi

pixabay.com

Menonton film kartun adalah hal wajib yang saya lakukan. Pagi hari sekitar jam 6 pagi, saya suadah berada didepan TV untuk menyaksikanya, sembari menyembunyikan remot TV hehehe. Adapun film yang pertama tayang adalah Balap Mobil Tamiya.

Saking tenarnya film kartun ini, sayapun punya beberapa koleksi mainanya, seperti Victory Magnum dan Sonic.

Kemudian setelah film tersebut selesai, dilanjutkan dengan film Crayon Shincan. Kartun ini menurut saya sangat-sangatlah lucu dan kocak. Hal itu disebabkan oleh tingkah Shincan yang super tulalit. Sehingga menjadikan saya semakin suka dengan kartun ini.

Film Yang Nggak Ada Matinya

https://www.akibanation.com

Pertama Doraemon, kartun ini dari zaman saya SD, sampai sekarang masih tetap ada. Bahkan jam tayangnya tidak berubah sama sekali. Kartun ini sangatlah seru. Apalagi kalau sudah menggunakan kantong ajaib. Semua urusan pasti kelar.

https://screenrant.com

Kedua Power Ranger, sama seperti film kartun yang lain, sayapun tidak pernah ketinggalan menonton film ini. Dulu waktu menonton film ini, saya sering sekali berkhayal untuk bisa menjadi Power Rangger. Biasalah, imajinasi bocah SD hehehe.

Ya seperti inilah pengalamanku di waktu kecil, sebenarnya masih banyak banget yang mau di ceritakan disini. tetapi kalau saya menulisnya terlalu panjang, takut pembaca bosan hehehe.

Semoga bermanfaat, dan salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *