Aneka Jenis Ikan Louhan Penghias Aquarium Dirumah

jenis ikan louhan

Apakah anda seorang kolektor Ikan Hias Louhan? Lalu apakah anda mengetahui jenis Ikan Louhan yang ada di pasaran ? Kalau anda belum tau, pada artikel kali ini rivorma akan berbagi informasi tentang jenis-jenisnya.

Ikan Louhan merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari Malaysia dan Taiwan. Corak sisik tubuhnya sangat indah dan menakjubkan mulai dari ujung kepala sampai dengan ekor. Dan ada satu hal yang menjadi ciri khas Ikan Louhan yaitu benjolan pada kepalanya.

Selain ciri kepalanya dan coraknya yang unik, Ikan Louhan juga terkenal mempunyai karakter menjaga daerah teritorial kekuasaanya. Sehingga apabila ada ikan yang mendekati daerahnya, ikan ini tidak segan-segan untuk menyerangnya.

Berikut ini, akan dipaparkan berbagai macam spesies Ikan Lohan yang ada di seluruh dunia. Oke langsung simak saja.

Jenis Ikan Louhan Termahal

1. Ikan Louhan Cencu

jenis ikan louhan
fishuntitled.blogspot.com

Ikan Louhan Cencu sering disebut juga Ikan Louhan Mutiara. Disebut Ikan Louhan Mutiara karena warna sisiknya yang berkilau terang bagaikan butir mutiara. Ikan Louhan Cencu merupakan salah satu jenis Louhan yang paling banyak dicari para kolektor ikan hias.

Ikan Louhan Cencu ada dua jenis yaitu Ikan Louhan Cencu Klasik dan Ikan Louhan Cencu Modern. Perbedaan yang terdapat pada keduanya terletak pada ukuran jenong kepala serta bintik tubunya. Lohan Cencu Klasik mempunyai ukuran kepala lebih besar dari Lohan Cencu Modern.

2. Ikan Louhan Kamfa

jenis ikan louhan
haurgeulis.com

Ikan Louhan Kamfa mulai muncul sekitar tahun 2000an. Sama seperti Ikan Louhan pada umumnya, Ikan Louhan Kamfa juga merupakan ikan hybrid atau hasil persilangan.

Setiap dilakukan perkawinan silang, selalu ada beberapa perubahan yang tampak. Hal tersebut juga dialami Ikan Louhan Kamfa. Dimana perubahan terlihat pada beberapa sisi seperti benjolan kepala lebih besar, mata cekung serta mulut pendek.

Ikan Louhan Kamfa mempunyai karakter agresif dibandingkan Ikan Louhan jenis lain. Tingkat PH ideal untuk memelihara Lohan Kamfa adalah 7.5 serta suhu 26-28 derajat.

BACA JUGA | Kepoin Yuk Jenis Ikan Koi Terbaik Didunia

3. Ikan Louhan Golden Base Mutasi

jenis ikan louhan
picbon.com

Disebut Ikan Louhan Golden Base Mutasi karena suatu waktu Ikan Louhan jenis ini akan mengalami perubahan warna pada tubuhnya dan hanya tersisa warna hitam. Lalu warna hitam tersebut lambat laun akan semakin memudar hingga menghasilkan warna merah, kuning atau oranye.

Proses mutasi warna yang terjadi, malah membuat keunikan tersendiri dan menjadi daya tarik khususnya pecinta Ikan Louhan.

4. Ikan Louhan Kamalau

Jenis Ikan Louhan
f15louhan.blogspot.com

Ikan Louhan Kamalau adalah jenis Louhan yang dikembangkan oleh Mr. Lam Seah dan Lam Soon dari Ipoh Malaysia. Kamalau merupakan gabungan dari dua kata yaitu Kam berarti gold dan Malau berarti monkey. Sehingga dari arti nama tersebut, akhirnya banyak yang menyebutnya Louhan Golden Monkey.

Karakteristik Ikan Louhan Kamalau adalah memiliki mutiara yang khas, matanya cekung kedalam, bentuk rahang kuat, serta berpipi cembung. Ukuran Ikan Louhan Kamalau termasuk jumbo atau besar. Namun sayangnya jumlahnya sudah langka. Sehingga harga jualnya juga sangat tinggi.

BACA JUGA | Inilah Jenis Ikan Hias Terbaik Untuk Aquarium Kamu 

5. Ikan Louhan Golden Red

Jenis Ikan Louhan
Aztriana.lecturer.umi.ac.id

Ikan Louhan ini berasal dari Thailand. Golden Red memiliki ciri tubuh berwarna merah dan kuning keemasan. Akan tetapi, warna tersebut didapatkan setelah melalui beberapa kali proses mutasi warna.

Ikan Louhan Golden Red merupakan jenis Louhan termahal. Mahalnya harga jual ikan tersebut disebabkan keberadaan Golden Red yang sudah semakin langka. Di pasaran, harga jualnya bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

ARTIKEL TERKAIT | 30 Jenis Ikan Gabus yang Belum Banyak Diketahui

Golden Red juga mempunyai keistimewaan khususnya pada sisiknya. Dimana corak mutiaranya tidak dimiliki oleh jenis Ikan Louhan yang lainya.

6. Ikan Louhan Bonsai

Jenis Ikan Louhan
wanipira.com

Mendengar namanya, mungkin kita sudah bisa membayangkan ukuran ikan tersebut. Dinamakan Ikan Louhan Bonsai karena ukuranya yang cenderung mungil, bantet serta pendek. Yaitu setengah badan jika dibandingkan dengan ukuran Ikan Louhan pada umumnya.

Akan tetapi jangan salah, walaupun berukuran mungil, ternyata Louhan Bonsai termasuk ganas terhadap ikan jenis lainya. Harga Ikan Lohan Bonsai berkisar 800 ribu dipasaran. Itu semua juga dipengaruhi oleh jenis lohan.

7. Ikan Louhan Super Red Texas

jenis ikan hias
youtube.com

Walaupun mempunyai Super Red Texas, ternyata ikan ini bukan berasal dari kota Texas Amerika. Louhan Super Red Texas merupakan ikan yang berasal dari Thailand.

Lahirnya Ikan Louhan jenis ini berkat hasil penyilangan antara Lohan Texas dengan Golden Red. Ciri khas Super Red Texas adalah mempunyai kepala seperti buah strawberry, warna dasar tubuh merah serta mempunyai bintik-bintik bermula dari kepala sampai ekor.

8. Ikan Louhan Thai Silk

Jenis ikan louhan
journeyofflowerhorn.blogspot.com

Ikan louhan thai silk adalah jenis louhan mutiara yang seluruh tubunya dipenuhi oleh mutiara. Semakin banyak mutiara yang menutupi tubuh, maka harga jualnya akan semakin tinggi.

Sama seperti Ikan Lohan lainya, Louhan thai silk juga mempunyai benjolan di kepalanya. Ikan ini mempunyai ciri warna dasar silver keputih-putihan disekujur tubuhnya, mata berwarna merah serta sirip dan ekor yang berwarna putih kehitam-hitaman.

9. Ikan Louhan SRD

jenis ikan hias
youtube.com

Ikan Louhan SRD berasal dari negara tetangga Indonesia yaitu Thailand. Louhan SRD mempunyai karakter yang hampir sama dengan Louhan Cencu yaitu jenong berukuran besar, ekor renggang, serta berwarna merah cerah.

Ikan Louhan SRD mempunyai dua varian jenis. Yaitu varian Thailand dan varian lokal. Untuk varian Thailand mempunyai warna dasar merah dan kuning serta mempunyai ukuran jenong besar. sedangkan pada varian lokal ukuran jenong lebih kecil serta berwarna dasar merah dan silver.

10. Ikan Louhan Super Red Synspillum

Jenis ikan louhan
ourneyofflowerhorn.blogspot.com

Ikan Louhan Super Red Synpillum (SRS) juga berasal dari Thailand. Di negara asalnya, ikan ini dijuluki Lohan Kamfa versi Thailand.

Lohan SRS mempunyai ciri fisik badan berwarna merah cerah, mata kuning serta sirip berukuran lebar. Ikan ini juga dapat tumbuh hingga mencapai 35 cm. Selain berukuran besar, Lohan SRS juga terkenal mempunyai daya tahan tubuh yang kuat. Untuk harga jual dipasaran cukup menguras kantong yaitu berkisar 2,5 juta.

11. Ikan Louhan Rainbow King

jenis ikan louhan
APKPure.com

Ikan Louhan Rainbow King berasal dari Singapura. Ikan Louhan jenis ini sangatlah populer di kalangan pecinta Lohan.

Rainbow King mempunyai kurang lebih 5 warna pada tubuhnya yaitu merah, kuning, biru, ungu serta putih. Keunikan inilah yang menjadikan ikan ini banyak diburu para kolektor ikan hias. Harga jual di pasaran untuk ukuran dewasa cukup tinggi yaitu sekitar 3 juta.

12. Ikan Louhan Strom

Jenis ikan louhan
ourneyofflowerhorn.blogspot.com

Mungkin bagi sebagian orang, nama Ikan Lohan Storm masih sedikit asing. Lohan Storm juga berasal dari Thailand. Karakteristik ikan ini mempunyai 3 corak warna yaitu silver, biru serta merah.

Keunikan warna tubuhnya juga mempengaruhi harga jualnya di pasaran. Untuk harga jual Lohan Storm dewasa dipatok sekitar 2,5 juta.

Demikian informasi jenis Ikan Lohan yang paling populer di dunia. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *