18 Jenis Ikan Koi yang Harus Anda Koleksi

Tahukah anda, berapakah Jenis Ikan Koi yang ada di seluruh dunia? Ternyata jumlahnya banyak, bahkan hingga mencapai ratusan. Pada setiap jenisnya, akan ditemukan karakteristik serta ciri khas yang tidak dimiliki satu sama lain.

Pada saat ini, hampir seluruh nama Ikan Koi dinamai dengan identitas nama Jepang. Akan tetapi, perlu anda ketahui bahwa sebenarnya Ikan koi bukanlah berasal dari Jepang melainkan dari Tiongkok.

Lalu kenapa nama Ikan Koi identik dengan bahasa Jepang ? Karena pengembangan Ikan Koi banyak dilakukan di negara tersebut. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas ragam jenis Ikan Koi terkenal di seluruh dunia dilengkapi gambar dan penjelasannya.

BACA JUGA | Ikan Hias Air Terpopuler di Dunia

Jenis Ikan Koi Termahal

Berikut ini adalah beberapa jenis Ikan Koi termahal dan terpopuler di seluruh dunia. Langsung saja simak ulasan lengkapnya.

Ikan Koi Kohaku

jenis ikan koi
pinterest.com

Ikan Koi Kohaku merupakan salah satu yang paling populer di dunia. Di negara asalnya, Koi Kohaku peminatnya tetap banyak walaupun bermunculan jenis dan spesies baru.

Koi Kohaku mempunyai ciri khas warna merah serta putih yang menghiasi tubuhnya.

Ikan Koi Taisho Sanke

jenis ikan koi
pinterest.com

Jenis Ikan koi Taisho Sanke mulai dikembangkan di Jepang pada tahun 1912. koi Taisho Sanke termasuk mudah dalam hal pemijahan. Ciri khas utama koi Taisho Sanke adalah memiliki 3 warna yaitu merah, putih dan hitam.

BACA JUGA | 12 Jenis Ikan Louhan yang Wajib Kamu Tau

Ikan Koi Showa Sanshoku

jenis ikan koi
pinterest.com

Pada dasarnya, Koi Showa Sanshoku cukup mirip dengan Koi Sanke. Perbedaan utama kedua jenis Ikan Koi tersebut terletak pada pola warna hitamnya.

Pada Koi Showa Sanshoku persebaran warna hitamnya rata ke seluruh badan. Sedangkan pada Koi Sanke pola hitam hanya dijumpai pada atas kepala saja.

Ikan Koi Shiro Utsuri

jenis ikan koi
pinterest.com

Jenis Ikan Koi selanjutnya adalah Kho Shiro Utsuri. Jenis koi yang satu ini mempunyai warna dasar hitam dan putih. Warna hitamnya sendiri lebih dominan dibandingkan dengan warna putih.

Kho Shiro Utsuri bisa dikategorikan berkualitas manakala kombinasi warna hitam dan putih terjadi di atas kepala. Oleh karena itu, kepala ikan akan terdapat dua warna tersebut.

ARTIKEL TERKAIT | 30 Jenis Ikan Gabus Tercantik dari Seluruh Dunia

Ikan Koi Hi Utsuri

jenis ikan hias
pinterest.com

Koi Hi Utsuri merupakan jenis koi yang mempunyai dua warna dasar pada tubuhnya. Diantaranya adalah hitam dan oranye atau merah.

Pada usia remaja, tubuh Hi Utsuri akan berwarna hitam kombinasi oranye. Lalu seiring berjalanya waktu warna oranye akan berganti menjadi warna merah cerah.

Ikan Koi Ki Utsuri

jenis ikan koi
pinterest.com

Masih sama seperti Hi Utsuri, Ikan Koi Ki Utsuri juga mempunyai dua warna dasar. Dua warna dasar tersebut adalah hitam dan kuning.

Ki Utsuri termasuk jenis Koi termahal di dunia. Wajar saja, karena spesiesnya sudah tergolong langka. Warna dasar Ikan Koi tersebut adalah Hitam kombinasi kuning.

Ikan Koi Asagi

jenis ikan koi
pinterest.com

Ikan Koi Ashagi mempunyai ciri khas yaitu pola berwarna biru berbentuk seperti jaring diatas tubuhnya serta kombinasi warna merah atau oranye dibawah perutnya.

Secara umum, Koi Ashagi memiliki kepala yang berwarna putih bersih. Sedangkan warna merah atau oranye pada tubuhnya, akan semakin membesar sejalan dengan usia Ikan tersebut.

Ikan Koi Temahal

Ikan Koi Shusui

jenis ikan koi
pinterest.com

Ikan Koi Shusui merupakan salah satu spesies Ikan Koi dari keluarga Ashagi. Warna dasar Koi Shusui adalah putih yang tergradasi dengan warna merah atau oranye pada tubuhnya.

Perbedaan antara Shusui dengan Ashagi terletak pada sisik tubuhnya. Koi Shusui hanya mempunyai sisik pada bagian atas punggungnya, sedangkan merata pada seluruh tubuhnya. Untuk warna sisiknya sendiri cendrung gelap yang tersusun rapi diatas punggungnya.

Ikan Koi Ogon Emas

jenis ikan koi
pinterest.com

Ikan Koi Ogon berhasil ditemukan sekitar tahun 1946 oleh seorang yang bernama Sawati. Koi Ogon mempunyai ciri khas warna kuning keemasan yang sangat elegan.

Koi Ogon merupakan varietas hasil persilangan antara Koi berpunggung kuning dengan Koi jenis Shiro. Pada mulanya, warna yang dihasilkan adalah emas di sekujur tubuh. Namu setelah terlahir generasi ke enam, barulah lahir Koi Ogon warna kuning keemasan yang menakjubkan.

Ikan Koi Ogon Platinum

jenis ikan koi
koi.sacramentokoi.com

Sebelumnya telah di bahas Koi Ogon emas. Koi Ogon Platinum juga mempunyai satu warna dasar yang menyelimuti tubuhnya yaitu warna silver. Akan tetapi warna silver yang melekat pada tubunya malah membuatnya semakin elegan. Sehingga harga jual ikan inipun cukup tinggi yaitu berkisar 1,5 juta.

Ikan Koi Ai Goromo

jenis ikan koi
pinterest.com

Koi Ai Goromo mempunyai ciri berwarna dasar putih. Pada tubuhnya, terdapat corak berwarna oranye disertai bintik-bintik berwarna hitam, sirip berwarna putih dan juga mata yang berwarna putih.

Ikan Koi Komunryu

jenis ikan koi
pinterest.com

Koi komunriu mempunyai kombinasi warna yang cukup menarik yaitu antara warna hitam legam dengan putih susu. Corak warna yang terbentuk pada tubuh ikan tersebut tidaklah jelas bahkan terkesan abstrak.

Terkadang siripnya berwarna hitam legam, namun juga tidak jarang ditemukan berwarna putih semua. Untuk harga jual dipasaran berkisar 600 ribu per ekor.

Ikan Koi Matsuba

jenis ikan koi
grandkoi.com

Warna yang dihasilkan begitu menyala dan membuat siapa saja yang melihatnya akan terpesona. Perawatan yang tepat unutk Koi Matsuba adalah pada kolam yang berisi lebih kurang 1000 galon air dan ditambahkan berupa batuan serta akar tanaman.

Ikan Koi Tancho Goshiki

jenis ikan koi
pinterest.com

Koi Tancho Goshiki mempunyai kemiripan dengan Koi Goromo, perbedaan keduanya terletak pada warna dasar yang membalut tubuh.

Koi Goromo berwarna dasar putih sedangkan Koi Tancho Goshiki memiliki warna dasar abu-abu dan terdapat pola berwarna merah diatas kepalanya. Untuk Harga jual ikan berukuran dewasa tergolong standar yaitu berkisar 700 ribu.

Ikan Koi Tancho Kohaku

jenis ikan koi
pinterest.com

Koi Tancho Kohaku mempunyai warna dasar putih susu pada sekujur tubuhnya. Bahkan sirip dan ekornya juga berwarna putih susu. Sama seperti jenis Koi Tancho yang lain, Tancho Kohaku juga mempunyai ciri khas berupa pola bulatan berwarna merah yang berada diatas kepala. Harga jual Tancho Kohaku dewasa berkisar 700 ribu.

Ikan Koi Tancho Kikusui

Jenis Ikan Koi
pinterest.com

Koi Tancho Kikusui mempunyai kemiripan dengan Koi Tancho Kohaku. Sehingga dalam membedakan dua jenis ikan ini sedikit sulit.

Koi Tancho Kikusui memiliki warna dasar putih bersih pada sekujur tubuhnya serta dilengkapi kombinasi bulatan berwarna jingga tepat berada diatas kepalanya.

Ikan Koi Kujaku

jenin ikan koi
hokwi.blogspot.com

Koi Kojaku atau Koi Champion Banyak memiliki kombinasi warna di tubuhnya. Tubuh berwarna putih kombinasi merah dilengkapi bintik-bintik berwarna putih. Adapun siripnya berwarna putih susu. Harga jual dipasaran berkisar 500 ribu.

Ikan Koi Kumpay Slayer / Butterfly Koi

jenis ikan koi
pinterest.com

Ikan ini sering dijuluki Butterfly Koi. Koi Kumpay Slayer mempunyai ciri khas sirip dan ekornya berbentuk panjang bagaikan sayap kupu-kupu. Kumpay Slayer mempunyai warna jingga kombinas silver atau ada juga kuning kombinasi silver. Harga jual ikan ini cukup tinggi yaitu sekitar 1,5 juta.

Demikian informasi tentang jenis ikan koi terpopuler dan paling banyak dicari di dunia. semoga mengispirasidan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *