30 + Jenis Ikan Gabus Terpopuler | Dari Berbagai Belahan Dunia

Jenis Ikan Gabus – Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan predator yang berhabitat di air tawar. Di Indonesia, ikan ini mempunyai banyak sekali sebutan diantaranya bogo, licingan, kocolan, kutuk, aruan, haruan, bayong, kabos dll.

Ikan Gabus mempunyai nama latin Channa Striata, sedangkan dalam bahasa Inggris mempunyai sebutan common snakehead, snakehead murel, snakehead chevron, aruan dsb. Penyebutan snakehead bukan tanpa alasan, mengingat bentuk kepalanya yang menyerupai kepala ular.

Penyebaran ikan Gabus sangatlah luas mulai dari wilayah Asia Tenggara, Pakistan, Nepal, Srilanka, India Bangladesh serta Tiongkok. Selain menjadi ikan konsumsi, ikan gabus juga dikenal memiliki berbagai manfaat dalam bidang kesehatan.

Kandungan albumin pada ikan gabus sangat bagus sebagai penyembuh luka. Selain itu, ikan gabus juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi yaitu berkisar 50 ribu per kilo.

Sehingga tidaklah heran, jika saat ini banyak orang yang mulai membudidayakan ikan ini. Nah, pada kesempatan kali ini, akan dibahas berbagai macam jenis ikan gabus diseluruh dunia.

BACA JUGA | Jenis Ikan Hias Air Tawar Terpopuler Dari Seluruh Dunia

Jenis Jenis Ikan Gabus Terbesar

Di seluruh penjuru bumi, ada kurang lebih 30 jenis ikan gabus yang tersebar dibanyak negara. Adapun di Indonesia terdapat beberapa jenis, salah satunya adalah Gabus Toman yang dapat tumbuh hingga 1 m dan berat 5 kg. berikut adalah jenis jenis ikan gabus.

1. Channa asiatica

Jenis Ikan Gabus
Aqualog.de

Channa asiatica merupakan spesies ikan gabus yang berasal dari wilayah China dan Vietnam bagian utara. Ikan ini mampu tumbuh maksimal hingga 34-40 cm. Habitat ikan gabus ini sangat beragam mulai dari sungai berarus pelan, ranting kering, daun kering dll.

2. Channa argus argus

Jenis Ikan Gabus
extremephillyfishing.blogspot.com

Channa argus merupakan spesies ikan gabus yang berasal dari Rusia, Tiongkok, Korea Utara serta Korea Selatan. Habitat Asli ikan ini adalah Sungai Amur sampai dengan pulau Hainan.

3. Channa amphibeus

Jenis Ikan Gabus
Wikipedia.com

Jenis Ikan Gabus ini tersebar di wilayah asia meliputi i India dan Bhutan. Selain itu, gabus ini juga mempunyai sebutan lain yaitu Borna snakehead, panjang maksimalnya bisa mencapai panjang 90 cm.

BACA JUGA | Inilah Dia Jenis Ikan Louhan yang Harus Kamu Tau

4. Channa aurantimaculata

Jenis Ikan Gabus
YouTube.com

Channa aurantimaculata merupakan ikan endemik yang menempati sungai Brahmaputera, sunagi Arunachal pradesh serta sungai Assam di India Timur Laut. Panjang maksimum Channa aurantimaculata berkisar 30-40 cm. Selain itu, ikan ini juga mempunyai nama lain yaitu orange spotted snakehead,golden cobra snakehead.

5. Channa bankanensis

Jenis Ikan Gabus
joelsartore.com

Channa bankanensis merupakan ikan Gabus yang berasal dari wilayah asia tenggara. Persebarannya meliputi Malaysia dan Indonesia. Di Indonesia jenis Gabus ini banyak ditemukan di daerah Kalimantan, sebagian Sumatera dan Pulau Bangka. Channa bankanensis dewasa dapat tumbuh hingga panjang 14-30 cm.

6. Channa baramensis

Jenis Ikan Gabus
ffish.asia

Channa baramensis merupakan ikan gabus endemik pulau Borneo. Persebarannya meliputi Sarawak, Sabah, Brunei Darussalam. Habitat asli gabus ini adalah sungai Baram, Sarawak utara. Panjang maksimal bisa mencapai 180-220 mm.

7. Channa barca

Jenis Ikan Gabus
YouTube.com

Channa barca (Barca Snakehead) merupakan salah satu jenis gabus yang sudah langka. Persesebaran gabus ini meliputi India dan Bangladesh. Sekitar tahun 2014 oleh IUCN  jenis gabus ini dinyatakan hampir punah.

8. Channa bleheri

Jenis Ikan Gabus
Flickr.com

Channa bleheri merupakan ikan gabus endemik sungai Brahmaputera di India. Spesies ini merupakan salah satu favorit penghobi aquarium, karena corak dan warnanya sangatlah menawan. Panjang maksimalnya bisa mencapai 20 cm.

9. Channa burmanica

Jenis Ikan Gabus
channa.club

Channa burmanica merupakan spesies endemik snakehead bagian Burma utara. Snakehead ini mempunyai ukuran mini dan tergolong kelompok informal dwarf snakeheads.

Karakteristik Warnanya mirip dengan Channa gachua. Budidayanya yang tergolong sulit, sehingga akan sangat sulit untuk mencarinya di toko Ikan.

10. Channa cyanospilos

Jenis Ikan Gabus
hiko-hermawan.blogspot.com

Channa cyanospilos merupakan spesies gabus yang berasal dari wilayah Sumatera, diantaranya Sumatera Selatan, Lampung, Riau serta Jambi.

Ukuran maksimal spesies ini tergolong kecil yaitu 20 cm. Di Sumatera ikan banyak ditemukan pada aliran sungai dekat pegunungan. Mangsa utama gabus ini adalah udang, katak serta ikan-ikan kecil.

11. Channa diplogramma

Jenis Ikan Gabus
YouTube.com

Spesies Channa diplogramma merupakan endemik semenanjung India. Panjang rata-rata dewasa ikan gabus ini bisa mencapai 480 mm.

12. Channa gachua

Jenis Ikan Gabus
Pinterest.com

Chana gachua banyak mempunyai sebutan diantaranya kotes, bogo atau benguk. Spesies ini termasuk kedalam genus Channidae yang berukuran kerdil atau kecil. Persebaran ikan ini cukup merata di Indonesia.

Gachua merupakan salah satu genus channa yang masih bisa dijumpai di pulau Jawa. Sedangkan spesies lainnya adalah channa striata (khutuk/gabus)

13. Channa harcourtbutleri

Jenis Ikan Gabus
monsterfishkeepers.com
Spesies Channa harcourtbutleri merupakan endemik danau inle Myanmar. Ukuran spesies ini tergolong mungil yaitu 20 cm pada ukuran dewasa.

14. Channa lucius

Jenis Ikan Gabus
predatoryfishes.blogspot.com

Spesies Channa lucius merupakan ikan gabus yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Persebarannya meliputi Indonesia, Vietnam, Malaysia, Thailand serta Laos.

Di daerah Kalimantan Spesies gabus ini biasa disebut dengan Kehung atau Keshung. Panjang maksimal Channa lucius dewasa bisa mencapai 360 mm.

15. Channa maculata

Jenis Ikan Gabus
YouTube.com

Snakehead Maculata merupakan ikan gabus endemik negara Cina dan Vietnam bagian Utara. Predator ini pada usia dewasanya bisa mencapai panjang maksimal 20-30 cm.

16. Channa marulioides

Jenis Ikan Gabus
YouTube.com

Spesies Channa marulioides merupakan ikan gabus yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Persebarannya meliputi Indonesia, Thailand serta Malaysia.

Di Indonesia, jenis gabus ini banyak dijumpai pada daerah Sumatera dan Kalimantan. Adapun panjang maksimal dewasanya berkisar 65-80 cm.

17.Channa marulius

Jenis Ikan Gabus
YouTube.com

Spesies Channa marulius merupakan ikan gabus yang berasal dari Asia Tenggara, Selatan dan China Selatan. Spesies gabus ini tergolong jumbo. Panjang maksimalnya bisa mencapai 180 cm.

18.Channa melanopterus

Jenis Ikan Gabus
MonsterFishKeepers.com
Spesies Channa melanopterus merupakan ikan Gabus endemik Indonesia tepatnya pulau Borneo atau Kalimantan. Persebarannya meliputi sungai Kapuas yang ada di Pontianak. Panjang maksimal ukuran dewasanya adalah 65 cm.

19. Channa melasoma

Jenis Ikan Gabus
Channa melasoma

Channa melasoma atau gabus hitam merupakan spesies ikan yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Penyebarannya meliputi Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Singapura. Adapan panjang maksimal ukuran dewasanya bisa mencapai 30 cm.

20. Channa micropeltes / Ikan Toman

Jenis Ikan Gabus
tugastikadityasetiaji.blogspot.com

Channa micropeltes atau yang lebih dikenal dengan nama Gabus Toman merupakan predator yang terkenal cukup ganas. Sudah sejak lama, Toman banyak dibudidayakan khususnya di daerah Kalimantan.

Ukaran tubuhnya termasuk besar, bahkan bisa mencapai 1 m. Makanan utama toman adalah kodok, serangga serta ikan yang ada disekitarnya.

21. Channa nox

Jenis Ikan Gabus
youtube.com

Channa nox merupakan spesies gabus yang berasal dari wilayah China Selatan. Ukuran tubuh dewasa jenis gabus ini tergolong mini yaitu sekitar 20 cm.

22. Channa orientalis

Jenis Ikan Gabus
Aqualog.de

Channa orientalis (Ceylon snakehead) merupakan spesies ikan gabus yang berasal barat daya Srilanka. Spesies ini mampu tumbuh maksimal hingga 15 cm. Makan utamanya adalah plankton, serangga, ikan, serta katak.

23. Channa panaw

Jenis Ikan Gabus
YouTube.com

Channa panaw merupakan spesies ikan gabus yang berasal dari Myanmar. Ukuran tubuh maksimal ikan dewasa hanya berkisar 17 cm.

24. Channa pleurophthalma

Jenis Ikan Gabus
Wikipedia.com

Spesies gabus ini hanya tersebar di Indonesia tepatnya di daerah Kalimantan dan Sumatera. Selain itu, ada juga yang menyebutnya dengan nama Toman bunga, Serandang dan Kerandang. Panjang maksimal tubuhnya berkisar 40 cm.

25. Channa punctata

Jenis Ikan Gabus
YouTube.com

Channa punctata merupakan ikan gabus yang berasal dari wilayah India, afganistan, Pakistan, Srilanka, Myanmar, Tibet, Bangladesh serta Nepal. Habitat ikan ini di alam liar adalah rawa-rawa, air payau dan kolam. Ukuran tubuh maksimal dewasa berkisar 30 cm.

26. Channa stewartii

Jenis Ikan Gabus
hiko-hermawan.blogspot.com

Channa stewartii merupakan speseies gabus yang berasal dari Nepal, India serta Bangladesh. Panjang maksimalnya mencapai 25 cm. Ikan ini sangat cocok sebagai ikan hias aquarium.

27. Channa striata

Jenis Ikan Gabus
flickr.com

Chana striata atau Snakehead bergaris merupakan ikan asli dari kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ikan ini mampu tumbuh hingga panjang 1 m. Spesies ini adalah yang paling banyak di temukan di Indonesia. Umumnya masyarakat menamainya dengan gabus, bogo serta bayong.

28. Parachanna africana

Jenis Ikan Gabus
Ruinemans.com

Parachanna africana merupakan spesies gabus yang berasal dari benua Afrika. Penyebarannya meliputi Niger dan Benin terutama melalui aliran Sungai Niger dan Sungai Oueme.

29. Parachanna obscura

Jenis Ikan Gabus
Wikipédia.com

Parachanna obscura merupakan spesies ikan Gabus yang berasal dari Bunua Afrika. Penyebarannya meliputi wilayah Afrika Tengah seperti Senegal dan Zaire. Di negara asalnya, predator ini mempunyai nama African Snakehead. Ukuran maksimalnya bisa mencapai 50 cm.

30. Channa ornatipinnis

Jenis Ikan Gabus
Pinterest.com

Channa ornatipinnis merupakan ikan gabus endemik negara Myanmar. Predator ini pada usia dewasanya bisa mencapai panjang maksimal 25-30 cm.

31. Channa pulchra

Jenis Ikan Gabus
YouTube.com

Channa pulchra merupakan spesies gabus dari Myanmar. Predator ini pada usia dewasanya bisa mencapai panjang maksimal 25-30 cm.

32. Parachanna insignis

Jenis Ikan Gabus
aquafield.jp

Parachanna insignis merupakan spesies gabus dari Afrika. Tubuh spesies ini pada usia dewasa bisa mencapai panjang maksimal 25-30 cm.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *