Ragam Ikan Hias Aquarium Terpopuler dan Paling Banyak Dicari kolektor

ikan hias aquarium

Berbicara mengenai ikan hias memang tidak ada habisnya khususnya jenis ikan hias aquarium. Selain indah dan menyegarkan pandangan, hadirnya hewan satu ini juga bisa menjadikan interior rumah lebih berwarna.

Untuk mendapatkan interior rumah yang lebih bagus, biasanya akan ditambahkan aquarium dilengkapi dengan ikan hias. Pemilihan ikan hias aqurium sendiri harus dilakukan secara cermat agar tidak terjadi saling serang diantara ikan.

Banyak sekali ikan hias yang dapat anda jadikan sebagai koleksi di rumah. Mulai dari yang berukuran kecil sampai yang berukuran jumbo bisa anda pilih. Tentunya sesuai dengan isi kantong dan ukuran aquarium.

BACA JUGA | 28 Koleksi Ikan Hias Air Tawar Terpopuler di Dunia

Ikan Hias Aqurium Terindah

Berikut ini, referensi ikan hias aquarium yang dapat kamu jadikan sebagai media pelepas kejenuhan dan kepenatan dirumah.

Ikan Manfish

ikan hias aquarium
fishkeepingworld.com

Sudah sejak lama Ikan Manfis menjadi primadona dikalangan pecinta ikan hias. Tak heran karena ikan ini mempunyai warna dan bentuk tubuh yang begitu menawan.

Ikan Manfish (Ikan Angelfish) merupakan spesies ikan hias air tawar yang berasal dari benua Amerika. Habitat asli Manfish adalah Sungai Amazon di Brazil, Colombia serta Peru.

Selain itu, pemeliharaan Ikan Manfish juga tergolong mudah. Karena ikan ini bersifat omnivora (pemakan segala) sehingga mudah dalam pemberian pakan.

ARTIKEL TERKAIT | 18 Jenis Ikan Koi Favorit Kolektor Ikan Hias

Ikan Belida

ikan hias aquarium
NakamaAquatics.id

Ikan belida merupakan spesies ikan hias asli Indonesia dan Semenanjung Malaya. Di Indonesia Ikan belida banyak ditemukan pada daerah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Ikan belida termasuk jenis ikan karnivora dan aktif berburu pada malam hari (nokturnal). Mangsa utama ikan belida adalah ikan-ikan kecil serta udang yang ada disekitarnya.

Pada saat ini banyak kolektor ikan hias aquarium yang mencari ikan belida untuk dijadikan pajangan. Hal tersebut tidak heran, karena ikan tersebut memiliki bentuk dan corak warna tubuh yang menarik.

Ikan Oscar

ikan hias aquarium
fishkeepingworld.com

Ikan Oscar (Astronotus Ocellatus) adalah ikan hias yang berasal dari perairan Sungai Amazon Amerika Selatan. Pada usia dewasa, Ikan Oscar dapat tumbuh hingga mencapai ukuran tubuh 40 cm.

Ikan Oscar termasuk ikan yang bersifat agresif dan tak jarang mengganggu ikan jenis lain yang ukuranya lebih kecil. Usia ikan Oscar bisa mencapai 10 – 12 tahun.

Makan utama Ikan Oscar adalah ikan-ikan kecil dan udang yang ada di sekelilingnya. Jika anda berniat memelihara ikan ini di wadah aquarium, pastikan ukuran tank cukup luas. Karena dengan sifatnya yang agresif, pastinya Ikan Oscar membutuhkan banyak ruang.

ARTIKEL TERKAIT | 12 Jenis Ikan Louhan yang Paling Dicari

Ikan Platty

ikan hias aquarium
fishkeepingworld.com

Dari tahun ke tahun, penghobi ikan hias aquarium selalu bertambah. Seperti halnya Ikan Platty, ikan yang berukuran mungil ini permintaan di pasaran selalu meningkat.

Ikan Platty merupakan ikan yang berasal dari kawasan Amerika Tengah seperti Meksiko. Salah satu alasan mengapa ikan platty banyak dicari adalah karena harganya yang relatif murah serta warna dan bentuk tubuh yang menawan.

Ikan Redfin

ikan hias aquarium
AquaticMag.com

Pernahkah anda melihat spesies ikan hias air tawar yang seluruh tubuhnya berwarna hitam namun sirip ekornya berwarna merah ? Jika pernah, mungkin yang anda lihat adalah Ikan Redfin.

Redfin merupakan ikan yang berasal dari sebagian negara asia tenggara seperti Thailand, Laos serta Vietnam. Tetapi pada saat ini, di indonesia sudah banyak peternak yang membudidayakan ikan jenis ini.

ARTIKEL TERKAIT | 30 Jenis Ikan Gabus yang Belum Banyak Diketahui

Di habitatnya, redfin termasuk jenis ikan omnivora. Makanan utama redfin adalah serangga air, cacing serta alga. Sifat Redfin tergolong agresif, sehingga tidak tepat jika dicampur dengan ikan yang berukuran lebih kecil. Karena bisa kematian akibat terus dikejar-kejar redfin.

Ikan Aligator Spatula

ikan hias aquarium
artbox-design.blogspot.com

Mendengar nama Ikan Aligator Spatula mungkin masih asing ditelinga sebagian orang Indonesia. Di Indonesia sendiri, Ikan Aligator biasa disebut Ikan Mulut Buaya. Hal tersebut disebabkan mulutnya berbentuk panjang dan dilengkapi banyak gigi yang mirip seperti buaya.

Ikan Aligator termasuk jenis ikan raksasa. Pada umumnya ikan ini mampu tumbuh hingga panjang 1-2 m serta berat 50 kg. Namun belu lama ini dunia maya sedang heboh dengan penangkapan Ikan Aligator berukuran panjang 3,2 m dan berat 140 kg oleh seorang pemancing yang bernama Paul Morris.

Ikan Komet

ikan hias aquarium
WallsCover.com

Ikan komet merupakan salah satu jenis ikan mas yang sangat cocok untuk dipelihara pada aquarium. Ukuranya hanya berkisar 5 – 20 cm.

Ikan Komet mempunyai ciri khas warna yang bermacam-macam seperti halnya Ikan Koi. Diantara kombinasi warna yang sering dijumpai adalah hitam kombinasi putih serta merah kombinasi putih.

Ikan ini termasuk mudah dalam pemeliharaanya. Jika anda memelihara Ikan Komet di aquarium jangan lupa untuk menambahkan filter air. Supaya kualitas kebersihan air dan suplay oksigen tetap terjaga.

Ikan Zebra Danios

ikan hias aquarium
fishkeepingworld.com

Mungkin bagi yang masih baru mendengar nama ikan Zebra Danios, akan membayangkan bahwa ikan ini mempunyai warna hitam putih seperti halnya kuda zebra.

Pada dasarnya, Ikan Zebra Danios mempunyai warna hijau kecoklatan disertai garis kontras yang melintasi tubuhnya dari permulaan leher sampai dengan sirip. Ikan ini mempunyai panjang tubuh maksimal 5cm.

Dalam urusan makan, ikan Zebra Danios terkenal cukup rakus. Ketika anda memberikan makan berupa cacing maupun jentik nyamuk pasti akan habis dengan sekejap.

Ikan Hias Aquarium Mini

Ikan Killifish

ikan hias aquarium
fishkeepingworld.com

Ikan Killfish merupakan ikan hias yang berasal dari benua Afrika. Nama Killfish sendiri diadopsi dari bahasa belanda yang berarti selokan atau parit.

Ikan Killfish mempunyai warna cerah menyala nyala serta dilengkapi motif binti-bintik pada tubuh. Ikan Killfish termasuk cepat dalam berkembang biak. Biasanya betina yang sudah berusia 1 bulan sudah bisa bertelur.

Ikan Rainbowfish

ikan hias aquarium
fishkeepingworld.com

Ikan Rainbow Fish merupakan ikan endemik papua. Ikan ini mempunyai warna yang berkilau, sehingga tidak heran jika dinamai Ikan Pelangi.

Pada habitanya, Ikan Pelangi lebih suka hidup pada perairan dangkal. Ciri utama Ikan Rainbow Fish adalah  mempunyai panjang ukuran tubuh dewasa 4-5 cm.

Ikan Sapu Sapu

ikan hias aquarium
dictio.id

Siapa yang tidak kenal dengan Ikan Sapu-sapu. Ikan ini terkenal bisa diandalkan khususnya didalam aquarium sebagai pembersih kaca.

Ikan sapu-sapu termasuk ikan yang kebal terhadap lingkungannya. Walaupun hidup pada perairan yang cenderung keruh serta kotor ikan ini tetap mampu hidup. Ciri fisik ikan sapu sapu adalah mempunyai tubuh yang kasar, keras serta berwarna hitam bercorak.

Ikan Swordtail

ikan hias aquarium
fishkeepingworld.com

Ikan Pedang atau Swordtail Fish merupakan ikan yang berasal dari Amerika Selatan. Ikan Pedang jantan mempunyai ciri fisik yang cukup unik yaitu mempunyai sirip yang memanjang seperti pedang. Sedangkan ciri fisik ikan betinanya bebentuk lebih bulat dan sirip tidak memanjang.

Pada umumnya, ikan Pedan jantan mempunyai panjang tubuh 14 cm sedangkan betina bisa mencapai 16 cm.

Ikan Flying Fox

ikan hias aquarium
JoelSartore.com

Mendengar nama ikan ini, mungkin anda sudah membayangkan sebuah permainan menantang yang menggunakan tali sebagai medianya. Namun jangan ini adalah nama seekor ikan hias yang sudah cukup tenar khusus dikalangan pecinta ikan hias.

Ikan Fliying Fox berasal dari kawasan asia tenggara seperti indonesia, Thailand, Malaysia. Di Indonesia ikan ini banyak dijumpai di daerah Sumatera, Kalimantan serta pulau jawa.

Karakteristik Ikan Flying Fox dapat tumbuh hingga 20 cm, namun rata-rata hanya mencapai 11 cm saja. Warna tubuhnya cenderung berwarna cokelat gelap dan pada bagian bawah perutnya berwarna putih kekuningan.

Demikianlah Informasi Ikan hias aquarium terpopuler dan paling banyak dicari. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *