Koleksi Ikan Hias Air Tawar Terpopuler di Dunia

ikan hias air tawar

Ikan hias air tawar – apakah kamu pecinta ikan hias? Lalu seberapa luaskah pengetahuanmu tentang dunia ikan? Kalau kamu memang mengaku sebagai pecinta ikan hias, mari simak beberapa jenis ikan hias air tawar paling poluper saat ini.

Memelihara ikan hias, sepertinya sudah menjadi bagian dari lifestyle atau gaya hidup di era modern ini. Bahkan tak jarang kita temui, orang yang rela mengeluarkan dana besar hanya untuk memiliki seekor ikan hias impian.

Sebuah riset mengatakan, bahwa ada lebih dari 12 juta keluarga di amerika serikat yang memelihara ikan hias air tawar di rumah mereka.

Tak heran kenapa ikan hias air tawar banyak menjadi pilihan utama peliharaan yang ada di rumah. Selain mudah dalam perwatan, keindahan corak warnanya juga sangat memanjakan mata yang memandang.

Bahkan keberadaan ikan hias juga dipercaya dapat mendatangkan berbagai macam manfaat bagi pemiliknya seperti menenangkan fikiran, perasaan rileks hingga nuansa damai.

Sekilas Tentang Ikan Hias Air Tawar

Di indonesia, terdapat kurang lebih 1000 spesies ikan hias, baik air tawar maupun air laut. Potensi tersebut, menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara eksportir ikan hias terbesar di dunia.

Tentu dengan potensi besar tersebut, kesempatan untuk mengembangkan usaha ternak ikan hias sangat terbuka lebar bagi siapa saja khususnya pecinta ikan hias.

Pada atikel kali ini, anda akan disuguhkan berbagai macam spesies ikan hias air tawar terpopuler  di dunia. Oke langsung saja simak ikan hias air tawar dibawah ini.

Ikan Cupang

ikan hias air tawar
kancup.blogspot.com

Bagi para penggemar ikan hias, tentu sudah tidak asing dengan ikan cupang. Ikan ini bersal dari kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei serta Vietnam.

Salah satu alasan mengapa ikan cupang sangat digemari kalangan pecinta ikan hias adalah corak warna tubuhnya yang begitu elok dan menawan. Keindahanya akan sangat nampak, ketika ikan cupang sedang mengibaskan sirip dan ekornya.

Adapun dilihat dari spesiesnya, ikan cupang memiliki beberapa jenis spesies yang tersebar di berbagai kawasan asia tenggara.

Di Indonesia sendiri, telah ditemukan beberapa jenis ikan cupang, salah satunya betta channoides yaitu ikan cupang  yang habitatnya aliran sungai mahakam Provinsi Kalimantan Timur.

ikan hias air tawar
wallpaperikancupang.blogspot.com

Betta channoides merupakan salah satu  jenis ikan cupang yang sangat populer. Selain corak warna yang mengagumkan, jumlahnya yang masih berlimpah di alam juga memudahkan pecintanya untuk mengoleksinya.

Ikan cupang termasuk salah satu jenis ikan yang mempunyai ketahanan fisik cukup luar biasa. Walaupun dipelihara pada sebuah wadah yang berukuran kecil, volume air yang sedikit serta tanpa filter udara, ikan cupang akan tetap mampu bertahan hidup.

Pada umumnya, ikan cupang dipelihara pada Aquarium berukuran mini atau wadah seperti toples kaca.

Ikan Botia

ikan hias air tawar
fishbazaar.sg

Ikan botia (Botia Macracantha), adalah ikan hias yang asli berasal dari Indonesia. Penyebaran jenis ikan ini tidaklah merata, hanya dapat ditemukan pada dua daerah saja yaitu Sungai Barito (Kalimantan Selatan) dan Sungai Batanghari (Jambi).

Di habitat aslinya, ikan botia lebih suka hidup di pada air yang mengalir. Oleh karena itu, bagi anda yang berminat memeliharanya di dalam aquarium, jangan lupa untuk menambahkan fiter air di dalamnya.

Ikan botia sudah sejak lama menjadi primadona di kalangan pecinta ikan hias, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Bahkan ikan botia sudah menjadi komoditas ekspor yang cukup potensial untuk pasar asia, eropa maupun amerika.

Adapun karaktristik yang dimiliki ikan botia, ikan ini berwarna jingga yang cenderung kekuningan dengan kombinasi warna hitam yang membelah warna kuning. Tubuhnya berbentuk pipih dan memanjang serta mempunyai empat pasang sungut antena yang tepat berada didepan mulutnya.

ikan hias air tawar
aquariumhias.blogspot.com

ikan botia, termasuk jenis ikan yang suka hidup bergerombol. Mereka akan berenang mengitari aquarium bersama kawananya. Sehinnga inilah yang menambah keindahan pada ikan tersebut.

Ada satu hal tak lazim yang biasa dilakukan ikan botia, yaitu tiduran dengan cara tergeletak ke salah satu sisi tubuhnya. Hal ini pulalah yang sering jadi salah sangka, karena ikan botia sering dianggap mati atau sakit.

ikan hias air tawar
cichlids.com

Padahal perilaku tersebut merupakan hal lumrah yang biasa dilakukan ikan botia. OLeh karena itu, sediakanlah tempat persembunyian khusus bagi ikan botia, agar merasa nyaman dan betah di dalam aquarium.

Ikan Pelangi (Rainbow Fish)

ikan hias air tawar
youtube.com

Salah satu jenis ikan hias air tawar yang cukup menarik selanjutnya adalah ikan pelangi atau rainbow fish. ikan ini termasuk jenis ikan endemik yang hanya dijumpai di daerah Papua dan bagian utara Negara Australia.

Rainbow fish banyak ditemui rawa-rawa dan pada perairan dangkal yang arusnya cenderung pelan serta banyak terdapat tanaman apung sebagai tempat berlindung.

Ciri khas yang dimiliki ikan pelangi yaitu mempunyai sirip yang panjang, berwarna abu-abu yang cenderung pekat. Biasanya ikan pelangi hidup secara berkelompok yaitu sekitar 5 ekor atau lebih.

Ikan pelangi termasuk spesies omnivora atau pemakan segala. Pada umumnya, ikan ini memakan hewan-hewan kecil  yang ada di sekitarnya seperti anakan udang, larva, dan mahluk hidup kecil lainya.

Sudah sejak lama rainbow fish dikenal oleh para pecinta ikan hias air tawar di mancanegara, khususnya negara  eropa.

Ikan Sepat Siam

ikan hias air tawar
youtube.com

Ikan sepat siam (Trichogaster pectoralis) merupakan ikan yang berasal dari sebagian kawasan asia tenggara seperti Thailand, Vietnam, Laos, Kamboja dan Laos. Ikan sepat siam barulah masuk ke Indonesia sekitar tahun 1934.

Pada umumnya, ikan sepat siam mempunyai ukuran tubuh yang tidak terlalu besar, hanya sekitar 20-25 CM saja untuk ukaran dewasa.

Karakteristik ikan ini adalah berbentuk pipih, mulut runcing, warna sirip kemerah-merahan serta mempunyai warna tubuh yang cenderung kusam kehijauan bahkan kehitaman.

Pada perkembanganya, semula ikan sepat siam merupakan spesies ikan hias air tawar yang cukup digemari di Indonesia. Akan tetapi saat ini juga sudah dijadikan komoditas ikan konsumsi yang terus digalakkan oleh pemerintah.

Bahkan seperti di daerah Sulawesi, Sumatera serta Kalimantan banyak petani ikan yang mengembangkan ikan sepat siam untuk dijadikan olahan iakan asin.

Ikan Sumatra (Tiger Barb)

ikan hias air tawar
PufanpatinCilangkap.com

Ikan Sumatra mempunyai nama latin Puntius tetrazona. Ikan jenis ini banyak di temui di daerah Sumatera, Semenanjung malaya bahkan hingga Thailand.

Pada umumnya, ikan sumatra sering ditemukan pada sungai yang arusnya sedang. Tetapi tak jarang juga, ikan ini juga ditemukan di rawa-rawa.

Ciri ikan Sumatra adalah mempunyai warna kekuningan dengan dibalut empat pita warna hitam tegak serta sirip ekor dan punggung berwarna kemerahan.

Sama sperti ikan botia dan ikan pelangi, ikan sumatra juga sangat suka hidup secara berkelompok.

Ikan Arwana Super Red

ikan hias air tawar
NakamaAquatics.id

Siapa yang tidak kenal dengan Ikan Arwana Super Red ? Tentu setiap pecinta ikan hias pasti tau dengan keindahan ikan yang satu ini.

Ikan Arwana Super Red adalah ikan hias endemik asli dari Indonesia tepatnya dari Kalimantan Barat.

Ikan hias air tawar ini mempunyai nilai ekonomis yang begitu tinggi. Sehingga tidak semua pecinta ikan hias mampu untuk membelinya.

Untuk harga anakan yang berukuran 10 cm biasanya dibanderol dengan harga 3,5 juta rupiah, sedangkan untuk ukuran dewasa bisa mencapai 25-30 juta rupiah.

Ikan Arwana Super Red termasuk ikan karnivora, sehingga dalam pemeliharaanya biasanya tidak dicampur dengan jenis ikan yang lain. Karakteristik ikan ini mempunyai warna merah cerah serta mencolok pada sekujur tubunya diusia dewasa.

Ikan Arwana Super Platimum

ikan hias air tawar
monsterfishkeepers.com

Ikan Arwana Super Platinum merupakan jenis ikan arwana yang ditemukan pada Sungai Amazon di Brazil. Ikan jenis ini adalah ikan arwana termahal di dunia.

Harga termahal ikan ini mencapai 4 miliar rupiah yaitu ketika diadakan sebuah pelelangan ikan hias air tawar di Inggris.

Penyebab mahalnya harga Ikan arwana super red pllatinu adalah kelainan genetik di tubuhnya. Presentase kelahiranyan hanya 1:100, sehingga inilah yang menjadi penyebab tingginya harga jual ikan tersebut.

Ikan Arwana Golden Red

ikan hias air tawar
3.bp.blogspot.com

Ikan Arwana Golden Red merupakan Ikan endemik indonesia yang banyak ditemukan di Pulau Sumatera khususnya Riau dan Jambi.

Seperti halnya ikan arwana yang lainya, ikan arwana golden red juga merupakan ikan hias air tawar yang mempunyai harga cukup tinggi.

Harga ikan arwana golden red berukuran 10 cm sekitar 850 ribu rupiah, kemudian harga ikan yang berukuran kurang lebih 25 cm 3,5 juta rupiah dan harga untuk ukuran dewasanya berkisar 15 juta rupiah.

Arwana Jardini

ikan hias air tawar
NakamaAquatics.com

Ikan arwana jardini merupakan jenis ikan arwana yang berasal dari timur Indonesia tepatnya Provinsi Papua.

Ikan endemik Papua ini mempunyai ciri fisik yaitu warna yang gelap dan memiliki corak kekuningan pada setiap sisiknya.

Harga ikan arwana jardini jika dibandingkan dengan ikan arwana super red sangatlah jauh, Untuk harga ikan yang masih berukuran kecil berkisar 100 ribu rupiah. Sedangkan untuk ukuran dewasa hanya berkisar 5 juta rupiah.

Mungkin jika anda berminat mengoleksi ikan arwana dengan dana yang relatif murah, ikan arwana jardini adalah pilihan yang tepat.

Ikan Neon Tetra

ikan hias air tawar
wikipedia.com

Siapa yang tidak kenal dengan ikan hias yang berukuran mungil ini ? Pasti anda kenal, karena sudah sejak lama ikan neon menjadi primadona khususnya bagi penghobi aquascape.

Ikan neon sangatlah cocok bagi anda yang ingin memelihara ikan hias di dalam aquascape. Karena Sifat dari ikan neon tidaklah merusak atau memakan tumbuhan yang ada di sekitarnya, itu disebabkan ukuran tubuhnya yang mungil.

Warna cerah menyala-nyala adalah penyebab populernya ikan tersebut. Ikan Neon sendiri merupakan ikan yang berasal dari perairan Amerika Selatan seperti Kolombia, Peru serta brazil.

Keindahan ikan neon akan lebih terlihat jika dipelihara dalam jumlah yang banyak. Karena sifat hidupnya adalah bergerombol.

Ikan Guppy

ikan hias air tawar
youtube.com

Sama halnya seperti ikan neon tetra, Ikan guppy juga berasal dari kawasan amerika selatan tepatnya Negara Venezuela dan Guyana.

Ikan guppy mempunyai ukuran mungil, panjang tubuh untuk ukuran jantan dewasa sekitar 2-3 cm, sedangkan ukuran betinanya lebih besar yaitu 4-6 cm.

Salah satu hal yang menjadi ciri khas dan keunikan ikan guppy adalah ekornya yang berukuran lebar dan dengan corak warna yang begitu menakjubkan.

Untuk harganya sendiri cukup terjangkau yaitu berkisar 2-3 ribu rupiah per ekor. Tetapi ada beberapa jenis ikan guppy yang mempunyai harga yang cukup tinggi salah satunya Guppy Red Dragon yang berkisar 1 juta rupiah per 3 ekor.

Ikan Molly

ikan hias air tawar
AquariumShop.co.in

Ikan hias air tawar yang satu sudah sangat populer dikalangan pecinta aquascape. Karena sifatnya yang tenang dan pendamai sehingga tidak khawatir akan merusak tanaman.

Ikan molly termasuk ikan yang mudah dirawat. Bagi anda yang memeliharanya di aquarium, anda bisa memberi makan pelet berukuran kecil dan untuk pakan tambahan anda bisa berikan cacing sutra.

Ikan molly jantan cenderung mempunyai warna yang lebih mengkilat dibandingkan betinanya. Ciri khas ikan molly jantan mempunyai sirip yang lebih panjang daripada betina.

Di Indonesia sendiri tidaklah sulit untuk menemukan pedagang yang menjuall ikan molly. Karena hampir setiap toko ikan hias pasti menyediakanya.

Biasanya ikan molly yang sudah berukuran 3 bulan sudah bisa dikawinkan. Dalam setiap kali pemijahan, Ikan molly dapat menghasilkan 20-30 anak.

Ikan Discus

ikan hias air tawar
CGTrader.com

Ikan discus (Symphysodon Discus) adalah ikan yang bersal dari sunagi amazon Amerika selatan.

Dihabitat aslinya Discus lebih suka berada pada aliran air yang tenang, bahkan lebih sering bersembunyai diantara celah ranting pepohonan guna untuk mempertahankan diri.

Discus mempunyai harga yang cukup lumayan untuk kalangan aquarist (orang yang suka memelihara ikan di aquarium) yaitu berkisar Rp. 50.000 untuk anakan dan Rp. 200-an ribu untuk ukuran dewasa.

Discus merupakan ikan karnivora, dia sangat menyukai makanan yang mengandung protein sperti udang dan cacing. Tetapi bagi anda yang memeliharanya di aquarium bisa memberi makan dengan pelet.

Karakteristik ikan ini mempunyai bentuk yang pipih serta memanjang. Adapun panjangnya bisa mencapai 15-25 cm. Selain itu, Discus juga mempunyai ciri tubuh yang bercorak berbentuk garis-garis.

Ikan Koi

ikan hias air tawar
123RF.com

IKan koi termasuk keluarga ikan mas yang cenderung mempunyai sifat tenang dan jinak. Dilansir portal bertia kompas, ikan ini berasal dari negara persia dan kemudian dikembang biakan di Jepang.

Di Jepang, ikan koi merupakan simbol perdamaian dan cinta abadi. Bahkan ada sebagian orang yang meyakini dengan memelihara ikan koi akan membawa keberuntungan didalam kehidupanya.

Berkaitan dengan cara pemeliharaanya, pada umumnya masih sama dengan kebanyakan ikan hias yang lain. Hal terpentin yang harus anda lakukan adalah selalu memperhatikan kondisi air.

Sama seperti ikan mas, ikan koi juga butuh kualitas air dengan kandungan oksigen yang banyak. Karena jika kualitas air buruk, hal tersebut bisa memicu stress pada ikan koi dan bisa menimbulkan kematian.

Adapun untuk pemberian pakan, ikan koi biasanya diberi makan pelet sedangkan untuk pakan tambahan ada baiknya diberikan cacing sutra.

Harga ikan koi dipasaran sendiri bervariasi tergantung ukuran dan jenis. Seperti contoh, koi kohahu untuk yang berukuran 5 cm biasanya dibanderol Rp. 100.000 sedangkan ukuran dewasa 25 cm berkisar Rp. 600.000.

Ikan Mas Koki

ikan hias air tawar
xshyfc.com

Ikan mas koki merupakan ikan hias air tawar yang sangat cocok untuk anda jadikan sebagai pejangan di dalam aquarium.

Keistimewaan ikan mas koki terletak pada bentuknya yang unik dan cenderung aneh. Pada dasarnya, Ikan mas koki bentuk aslinya adalah seperti ikan mas pada umumnya.

Bentuk aneh tersebut merupakan hasil kawin silang, sehingga terlahirlah ikan mas koki seperti yang saat ini. Seorang ilmuan China bernama Shisan Chen mengatakan bahwa saat ini ada sekitar 126 keturunan baru yang sangat berbeda dari aslinya.

Ikan mas koki bukanlah ikan yang aktif, dia cenderung malas bergerak. Sehingga sering kali dia menjadi bulan-bulanan ikan jenis lain.

Pada umumnya, perawatan ikan mas koki tidaklah berbeda dengan ikan mas jenis lain. Yang perlu diperhatikan adalah kebersihan kolam dan pemberian pakan yang teratur.

Ikan Black Goss

ikan hias air tawar
pinterst.com

Ikan Komet

ikan hias air tawar
aquariumhias.blogspot.com

Ikan Bala Bala

ikan hias air tawar
wikipedia.org

Ikan Lemon

ikan hias air tawar
youtube.com

Ikan Manfish

ikan hias air tawar
JenisTanamanHidroponik.blogspot.com

Ikan silver dollar

ikan hias air tawar
Meethepet.com

Ikan Sapu-Sapu

ikan hias air tawar
InfoPublik.id

Ikan Lou Han

ikan hias air tawar
canufa26.blogspot.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *