8 Tips Cara Merawat Tanaman Hias Agar Selalu Terlihat segar, Sehat dan Hijau

cara merawat tanaman

Tahukah kamu, bagaimanakah cara merawat tanaman hias yang baik dan benar? Jika kamu sudah faham hal tersebut, pasti tanaman hiasmu selalu terlihat segar dan membuat hatimu selalu bahagia.

Sebelum membeli tanaman, hendaknya kamu mengetahui cara merawat tanaman tersebut. Karena setiap jenis tanaman mempunyai cara perawatan yang berbeda-beda. Misalnya untuk tanaman yang bersifat sensitif, perlu diberikan vitamin tambahan serta butuh perawatan yang lebih intens.

Bagi kamu yang tinggal di daerah yang bercuaca panas, direkomendasikan untuk memelihara tanaman yang banyak membutuhkan cahaya matahari. Karena Jenis tanaman ini tergolong mudah dalam hal perawatan khususnya bagi pemula.

Baca juga | Inspirasi desain taman minimalis terbaik dan kekinian

Nah, setelah kamu mengetahui cara merawatnya, barulah kamu menentukan jenis tanaman yang akan ditanam di pekarangan rumah kamu.

Cara Merawat Tanaman Hias/Bunga

cara merawat tanaman
ohayo.co.id

Dibawah ini, akan dibahas seputar tips dan trik cara merawat tanaman hias. Oke, langsung saja simak pembahasannya.

1. Penyiraman secara teratur

cara merawat tanaman
duncanville.com

Mengoleksi tanaman hias dirumah merupakan salah satu hobi yang sudah umum dilakukan. Adanya tanaman hias, akan menjadikan rumah terasa lebih segar dan berwarna.

Namun untuk menjaga tanaman supaya selalu terlihat segar dibutuhkan perawatan secara kontinyu. Salah satunya adalah rutin menyiramnya terlebih tanaman muda. Karena tanaman muda butuh asupan air yang cukup untuk merangsang tumbuhnya akar.

Penyiraman dapat dilakukan setiap hari. Akan tetapi juga memperhatikan kondisi musim dan cuaca. Jika sedang berada dalam musim penghujan, kamu bisa mengurangi intensitas penyiraman maupun jumlah volume airnya.

Baca Juga | Tanaman Hias Bungan Tercantik

2. Perhatikan Waktu Penyiraman

cara merawat tanaman
theveggielady.com

Waktu penyiraman terbaik adalah pagi hari. Karena hal ini sesuai dengan siklus pada tumbuhan. Menyiram tanaman juga merupakan bagian terpenting untuk menjaga kelangsungan hidup sebuah tumbuhan. Karena semua jenis tanaman membutuhkan air yang cukup guna keperluan fotosintesis.

Perlu diketahui, untuk menjadikan tanaman selalu terlihat segar dan sehat dibutuhkan perawatan yang benar. Salah satunya salah satunya adalah memperhatikan teknik penyiramannya. Namun bukan berarti, kamu harus menyiramnya setiap waktu. Karena jika tanah terlalu banyak air, bisa jadi akan mengakibatkan kebusukan pada tanaman.

Pagi hari yaitu sebelum sinar matahari meninggi dan memancarkan cahaya panas adalah waktu terbaik untuk menyiram. Setelah penyiraman dilakukan, air akan di serap tanaman sehingga bisa digunakan untuk proses fotosintesis.

3. Siram Tanahnya Jangan Daunya

cara merawat tanaman
Leafly.com

Apakah kamu terbiasa menyiram tanaman pada siang hari ? Jika kamu sering melakukanya, maka sebaiknya mulai dihindari.

Seperti penjelasan sebelumnya, menyiram tanaman sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Karena menyiram tanaman pagi hari akan mengurangi resiko penguapan air. Sehingga air yang disiramkan, akan diserap dengan baik oleh tanaman.

Sebenarnya menyiram tanaman pada siang hari boleh-boleh saja. Namun yang disiram adalah tanahnya, bukan tanamannya terutama bagian daun. Karena kalau kamu menyiram daunya, air akan cepat sekali menguap. Sedangkan jika kamu menyiram tanahnya, air akan diserap oleh akar guna proses fotosintesis.

4. Pencahayaan yang bagus

cara merawat tanaman
Hydroponics.com

Pada prinsipnya, semua mahluk hidup membutuhkan cahaya matahari. Terlebih tumbuhan yang berklorofil (zat hijau), cahaya matahari sangat dibutuhkan guna proses fotosintesis.

Fotosintesis merupakan proses dasar untuk menghasilkan makanan pada tumbuhan. Sehingga makanan yang  dihasilkan akan berpengaruh terhadap asupan energi dalam proses perkembangan dan pertumbuhan tanaman. Maka dari itu, cahaya merupakan faktor penting untuk berlangsungnya fotosintesis.

Kurangnya cahaya matahari pada tumbuhan akan mengganggu proses fotosintesis dan pertumbuhannya. Walaupun tidak semua jenis tanaman membutuhkan kadar cahaya matahari yang tinggi, namun pada prinsipnya semua jenis tanaman membutuhkan cahaya baik dengan intensitas tinggi maupun rendah.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui kebutuhan cahaya pada setiap tanaman kamu. Supaya pertumbuhan dan perkembangan bisa sempurna.

5. Pemangkasan

cara merawat tanaman
saga.co.uk

Pemangkasan tanaman adalah hal yang mesti kamu lakukan supaya tanaman selalu terlihat rapi dan terawat. Secara alamiyah, tanaman akan terus tumbuh sampai dengan ukuran tertentu. Begitu pula ranting dan tunas akan terus muncul selama tanaman tersebut hidup.

Selain mempercantik dan memperindah, pemangkasan juga akan mendatangkan banyak manfaat bagi tumbuhan itu sendiri diantaranya :

Merangsang Tumbuhnya Tunas dan Bunga

Ada sebuah pepatah mengatakan “hilang satu tumbuh seribu”. Mungkin pepatah ini sangat cocok menjadi perumpamaan tanaman yang telah dipangkas. Seperti kita ketahui, setelah kita memotong batang atau ranting pasti akan tumbuh banyak tunas di sekitarnya.

Dengan banyaknya tunas yang tumbuh, maka di kemudian hari pasti akan terdapat lebih banyak cabang dan akan menghasilkan lebih banyak buah.

Memperpanjang usia sekaligus meremajakan

Pemangkasan dibutuhkan untuk meremajakan pertumbuhan tanaman. Hal ini dimaksudkan yaitu mengganti batang lama dengan batang baru yang lebih produktif. Cara pemangkasan sendiri dilakukan dengan menebang beberapa cabang yang dirasa sudah tidak produktif.

6. Mengganti pot sesuai ukuran

cara merawat tanaman
youtube.com

Tanaman yang dipelihara pada media pot, seiring berjalannya waktu juga akan semakin tumbuh membesar. Jika pot yang kamu gunakan sudah tidak lagi cukup untuk menampungnya, maka sebaiknya kamu mengganti pot sesuai dengan ukuran tanaman.

Karena jika pot tidak diganti bisa berakibat buruk terhadap pertumbuhan tanaman diantaranya :

  1. Akar akan keluar melalui celah-celah pot karena sempitnya media
  2. Media tanah pot akan sangat cepat mengering
  3. Pertumbuhan tanaman tidak normal atau kerdil
  4. Jika tanaman diangkat, jumlah akar lebih banyak daripada tanah

7. Antisipasi serangan serangga

cara merawat tanaman
wikiHow.com

Pada prinsipnya, sesuatu yang dicari dari hadirnya tanaman hias adalah keindahannya. Namun untuk menjaga supaya tanaman selalu terlihat indah butuh perawatan yang baik dan benar. Bahkan ketika tanaman kamu diserang Hama, kamu harus segera menyingkirkannya, sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah.

Di negara tropis seperti Indonesia, Hama sangatlah tumbuh subur. Terlebih pada tanaman hias, serangan hama begitu sukar untuk dihindari. Jika tanaman sudah terserang hama, maka akan banyak menimbulkan efek buruk.

Diantara efek buruk yang ditimbulkan adalah daun terdapat bintik-bintik, daun layu, terdapat garis-garis putih pada daun, pertumbuhan tanaman tidak normal atau stuck, tanaman kurus dsb. Sehinga keindahan tanaman akan ternodai.

Oleh karena itu, penanganan terhadap hama serangga harus sudah dilakukan sejak awal. Setidaknya perawatan yang benar akan membuat serangga tidak mendekati tanaman kamu. Sehingga yang harus kamu lakukan adalah penyemprotan insektisida secara rutin, pemupukan terprogram serta teknik penyiraman yang tepat.

8. Pemberian Pupuk Secara Tepat

cara merawat tanaman
Chemarc.com

Pemberian pupuk tanaman merupakan salah satu unsur penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman. Tanaman yang cukup kandungan nutrisinya akan tumbuh baik dan produktif. Pupuk sendiri ada dua jenis yaitu pupuk alami dan pupuk kimia.

Pupuk alami seperti pupuk kandang dan kompos. Sedangkan pupuk kimia banyak variannya seperti KCl, TSP, urea,  ZA, dan lain-lain.

Proses pemberian pupuk tidak bisa dilakukan dengan asal asalan. kamu harus mengikuti kaidah ataupun tatacara pemupukan secara baik dan benar. Dengan mempertimbangkan jenis tanaman, umur serta tipe tanaman. Karena misalkan kamu memberikan pupuk dengan dosis terlalu banyak diwaktu yang tidak tepat, malah akan merugikan tanaman.

Demikian informasi cara merawat tanaman hias yang dapat rivorma bagikan. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *