ibnu zain Ibnu Zain - I love writing on blogs, online marketing and social media marketing. Get the latest information only on my website rivorma.com.

Cara Menanam Pohon Gaharu Malaccensis & Gyrinops Terlengkap

cara menanam pohon gaharu

Cara Menanam Pohon Gaharu – Pohon Gaharu merupakan salah satu jenis pohon yang sangat terkenal dalam industri minyak wangi dan kosmetik. Karena seperti kita tau, Gaharu menghasikan resin yang berbau wangi dan sering digunakan sebagai bahan parfum.

Pohon ini banyak tumbuh di Bangladesh, Indonesia, Philipina, Myanmar, India, Iran, Laos dan Singapura. Gaharu merupakan pohon yang mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan investasi bisnis dimasa depan. Hal itu tidaklah heran, mengingat permintaan Gaharu yang selalu meningkat.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam menanam pohon gaharu yang dapat dipraktekan supaya anda bisa sukses dalam usaha dibidang ini.

Persiapan Cara Menanam Pohon Gaharu

1. Memilih Bibit Berkualitas

cara menanam pohon gaharu

Memilih bibit gaharu yang berkualitas merupakan salah satu faktor utama sukses atau tidaknya bisnis gaharu anda. Dalam hal ini, anda . Ada harus membeli bibit gaharu yang berkualitas. Berikut ini adalah ciri bibit gaharu yang patut anda perhatikan :

  • Bibit terbebas dari serangan maupun tanda-tanda berpenyakit (bibit sehat)
  • Akar bibit tidak menerobos atau menembus polibag
  • Idealnya bibit sudah berukuran 30-50cm atau 1m

2. Mempersiapkan Media Tanam

Setelah anda membeli bibit, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan lahan tanam. Luas ukuran lahan, juga mempengaruhi jumlah bibit yang ditanam. Idealnya lahan 1 hektar ditanam sekitar 1100 batang bibit. Berikut adalah perincianya :

  • Buatlah lubang berukuran 30x30x30 cm.
  • Jarak tanam sebaiknya dibuat 3×3 m. Namun hal tersebut juga menyesuaikan dengan luas tanah.
  • Berikan lubang pupuk organik atau semacamnya untuk nutrisi
  • Atau bisa juga pupuk NPK sebanyak 20-30 gram / lubang.
  • Ada baiknya setelah semua bahan dimasukkan ke lubang tanam, diamkan lebih kurang 1 minggu supaya komponen tadi terserap oleh tanah.
  • Setelah 2 minggu berlalu bibit bisa anda tanam

3. Penanaman Pohon Gaharu

cara menanam pohon gaharu
gaharujatim.com

Setelah lahan siap, maka langkah selanjutnya anda menanam bibit gaharu. Seperti menanam pohon yang pada umunya, Waktu terbaik untuk menanam adalah pada musim.

Cara penanaman dapat menggunakan metode tumpang sari yaitu penanaman cukup dilakukan dengan cara mengeluarkan bibit dari polibag dengan perlahan supaya tidak merusak akar tanaman.

Kemudian masukkan bibit kedalam lubang lalu uruk dengan tanah sembari dipadatkan.

4. Pemeliharaan dan Perawatan

cara menanam pohon gaharu
danialgaharu.wordpress.com/perihal/

Tidak berbeda dengan tanaman lain, pemeliharaan dan perawatan merupakan salah satu faktor utama sukses atau tidakanya bibibt yang anda tanam. Berikut ini adalah tips dan trik perawatannya.

  • Penyiraman

Pengairan merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Setidaknya penyiraman dilakukan sekali sehari di musim kemarau atau melihat pada kondisi musim dan cuaca. Adapun pada musim hujan, tanaman tidak perlu disiram, karena jika air menggenang akan menyebebkan kebusukan pada batang tanaman.

  • Pemberian Naungan

Untuk menunjang pertumbuhannya, ada baiknya anda menambahkan naungan baik itu dari paranet, daun ilalang ataupun pohon pepaya. Namun pemberian naungan bukan hal wajib, hanya bersifat opsional.

  • Pemotongan ranting

Seperti halnya perawatan tanaman pada umumnya, pohon gaharu juga membutuhkan pemotongan ranting supaya pertumbuhan lebih cepat. Disarankan melakukan pemotongan ranting setiap 2-3 minggu sekali. Setelah tinggi tanaman mencapai sekitar 2m anda bisa menhghentikan pemangkasan ini.

  • Pemberian pupuk

Pemupukan dengan pupuk organik bisa dilakukan setiap 6 bulan sekali baik pupuk kandang maupun pupuk kompos. Adapun pemupukan denag NPK bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali.

  • Penyiangan 

Salah satu cara untuk menekan tumbuhnya gulma adalah dengan dilakukan penyiangan. Tumbuhnya gulma disekitar tanaman akan menjadikan pertumbuhan gaharu tenganggu. Sebab unsur hara tidak akan bisa diserap secara maksimal. berbagai cara dapat dilakukan baik mencabut secara manual ataupun menggunakan alat bantu seperti cangkul, arit ataupun parang.

5. Tindakan Preventif Terhadap Hama dan Penyakit

cara menanam pohon gaharu
youtube..com

Tantangan yang dihadapi oleh mayoritas petani baik sayuran maupun pohon adalah hama dan penyakit. Adanya hama dan penyakit ini tidak dapat disepelekan. Karena pada tingkat yang lebih lanjut akan menimbulkan kerugian bagi petani seperti gagal panen bahkan kematian tanaman itu sendiri. Oleh karena itu, perlu dilakukan antisipasi supaya bibit gaharu tidak diserang oleh hama.

Salah satu pencegahan yang harus dilakukan adalah penyemprotan cairan pestisida pada tanaman. Karena cairan ini terbukti ampuh dalam melawan hama, seperti kutu putih, kutu daun serta berbagai penyakit yang dapat menyerang daun maupun akar tanaman.

Nah, demikianlah tadi tips sukses dalam menanam bibit gaharu. Semoga panduan ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

ibnu zain Ibnu Zain - I love writing on blogs, online marketing and social media marketing. Get the latest information only on my website rivorma.com.