Penulisan Amplop Lamaran Kerja yang Paling Direkomendasikan

Amplop Lamaran Kerja – Angkatan kerja adalah aset penting yang dimiliki sebuah negara. Karena merekalah yang bakal berkontribusi dalam berbagai sektor pekerjaan. Namun nyatanya, jumlah angkatan kerja tidaklah sebanding dengan lapangan pekerjaan. Kondisi inilah yang memicu tingginya angka pengangguran.

Fenomena ini merupakan masalah yang hampir dihadapi oleh setiap negara. Upaya untuk mengurangi jumlah pengangguran ini terus dilakukan, dengan berbagai macam cara dan inovasi baru. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2017 tercatat sekitar 7 juta jiwa lebih pengangguran, dari total 128 juta angkatan kerja. Data spesifiknya, usia 35-39 tahun mereka adalah angkatan kerja terbesar di Indonesia, yaitu berjumlah 17,6 juta orang. Pada posisi kedua, terdapat mereka yang berusia 30-34 tahun yang berjumlah 15,5 juta jiwa.

 amplop lamaran kerja
bukalapak.com

Fakta diatas menunjukan, bahwa ketersediaan lapangan kerja sangatlah penting untuk menekan angka pengangguran. Maka saat ini tidaklah heran, jika persaingan untuk mendapatkan satu kursi di sebuah kantor atau perusahaan begitu ketat dan kompetitif.

BACA JUGA | Cara Jitu dalam Membuat CV Lamaran Kerja

Lalu bagaimana caranya, agar potensi untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbuka lebar bagi para pelamarnya? Tentunya kamu harus teliti dalam memenuhi segala persyaratan yang diminta perusahaan. Nah, pada kesempatan kali ini, akan dibahas secara detail penulisan amplop surat lamaran kerja. 

Contoh Amplop Lamaran Kerja

amplop lamaran kerja
tipskerjabali.blogspot.com

Ketika kamu ingin diterima sebagai karyawan ditempat kerja yang diajukan, maka kamu tidak boleh meremehkan hal kecil, seperti penulisan pada sampul amplop. Selain itu, kamu juga tidak boleh meremehkan desain amplop itu sendiri.

Karena dalam hal ini, biasanya HRD akan memilih amplop yang paling menonjol dan menarik secara visual. Maka dalam poin ini kamu harus jeli dan teliti dalam memilih desain.

BACA JUGA | Struktur Surat Lamaran Kerja yang Paling Disukai HRD

Penulisan Amplop Lamaran Kerja

amplop lamaran kerja
contohsurat45.blogspot.com

Setelah menentukan desain amplop, langkah selanjutnya adalah menulis secara lengkap dan jelas data pada sampul amplop. Selain itu ada beberapa hal lain yang kamu perhatikan diantaranya :

1. Kebersihan dan kerapihan amplop. Kondisi amplop yang kamu kirimkan, secara tidak langsung akan mencerminkan karakter dan kepribadian diri kamu.

Jika amplop yang kamu kirim ternyata kotor, lusuh, kusut dan tidak rapi tentu akan menimbulkan persepsi kalau kamu adalah pribadi yang tidak teratur dan berantakan. Oleh karena itu, usahakan jaga kebersihan dan kerapihannya.

BACA JUGA |  CV Taaruf yang Meluluhkan Hati Calon Mertua

2. Coklat adalah warna terbaik untuk amplop lamaran kerja, serta dilengkapi tali sebagai pengaman isi surat agar tidak tercecer berantakan. Pemilihan amplop bertali lebih disarankan untuk antisipasi jika sewaktu-waktu ada keteledoran dari pihak perusahaan.

3. Penempatan huruf kapital pada setiap awal kata. Perkara ini penting untuk dicermati, agar kredibilitas surat kamu lebih terjaga.

Contoh : Nama    : Saad Teguh Kamal 
               Alamat  : Jalan Margomulyo No. 10 Boyolali
               Telepon : 0817 2973 9472

4. Cantumkan biodata diri – meliputi nama lengkap ditambah gelar sarjana, alamat secara detail mulai dari nama jalan – kode Pos – Dusun – RT/RW – kelurahan – kecamatan – kabupaten dan provinsi. Jangan lupa juga tulis nomor telepon, e mail, kemudian tulis data tersebut pada bagian kiri atas.

5. Menulis nama jabatan atau posisi yang kamu inginkan. Letak penulisannya berada pada bagian kanan atas amplop surat lamaran kerja.

6. Tujuan Surat – Kamu harus menulisnya secara detail dan lengkap. Ingat, setiap awal kata harus menggunakan huruf kapital.

BACA JUGA | Contoh dan Panduan Lengkap Surat Lamaran Kerja

Amplop Lamaran Kerja Tulis Tangan

 amplop lamaran kerja
pak.pandani.web.id

Dalam penulisan sampul amplop lamaran kerja, ada dua opsi yang bisa kamu gunakan yaitu dengan cara di print out atau tulis tangan. Kedua opsi ini sama bagusnya, yang terpenting adalah tetap menjaga kebersihan dan kerapihan amplop.

Demikianlah amplop lamaran kerja lengkap dengan panduan penulisan, pemilihan desain hingga tips dan trik dalam membuatnya. Semoga bermanfaat.

Orang lain juga menelusuri : 

Amplop Lamaran Kerja Guru

Amplop Lamaran Kerja yang Benar

Amplop Surat

Amplop Coklat

Nama Amplop Lamaran Kerja

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *